Faculty of Education | Universitas Negeri Padang || FIP UNP


Smiley face
Anda Berada pada :Home arrow Jurusan&Prodi arrow Pendidikan Luar Sekolah arrow Pendidikan Luar Sekolah arrow Kerjasama PLS arrow Mahasiswa Baru TA.2008/2009
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Baru TA.2008/2009 Cetak E-mail
Ditulis Oleh Admin   
Friday, 25 April 2008

UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

1. Prodi Pendidikan Luar Sekolah

2. Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini

MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2008/2009


KAMPUS Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar PadangTelp. (0751) 445092, Fax. (0751) 7058693

 

 

A. Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

1. Rasional

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Program Studi PLS menyiapkan tenaga ahli kependidikan luar sekolah yang bidang garapannya sangat luas, antara lain sebagai pengelola berbagai kegiatan pendidikan dan latihan baik pada instansi pemerintah, swasta (perusahaan), lembaga-lembaga swadaya masyarakat, pengelola kursus-kursus, pembina generasi muda, penyuluh pada berbagai kegiatan penyuluhan dan pengelola serta tenaga pendidik program layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

2. Tujuan Program Studi

Secara umum Program Studi PLS bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli kependidikan Strata 1 (S1, gelar sarjana kependidikan) yang mampu mengelola berbagai program pendidikan luar sekolah, baik yang diselenggarakan pada berbagai instansi pemerintah, lembaga-lembaga kerja swasta (perusahaan), dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM).1. Tujuan Program PLS.a. Pendidikan dan latihan pada berbagai instansi pemerintah, lembaga kerja swasta (perusahaan), dan lembaga-lembagaswadaya masyarakat (LSM).b. Pendidikan masyarakat yang selalu berubah karena kemajuan ilmu dan teknologi.c. Pembinaan generasi muda.d. Pembinaan keluarga sejahtera.e. Pembelajaran pada Sanggar Kegiatan Belajar/SKB (termasuk sebagai pamong belajar).f. Pembinaan kesejahteraan sosial (termasuk sebagai pekerja sosial).

3. Kualifikasi Lulusan

Lulusan Jurusan PLS disiapkan untuk menduduki pekerjaan sebagai berikut:

a. Tenaga Penggerak berbagai instansi pendidikan non formal.

b. Tenaga pemberdayaan masyarakat di instansi pemerintah daerah.

c. Pelaksana kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan non formal.

d. Penggerak pelatihan pada berbagai instansi Diklat.

e. Tenaga penggerak kegiatan kesejahteraan sosial di berbagai instansi.

f. Tenaga penggerak di LSM.

g. Dan kegiatan sejenis yang relevan.

h. Tenaga pengelola dan pendidik layanan PAUD.

B. Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

1. Rasional

Masa usia dini merupakan masa yang sangat menentukan perkembangan anak. Pada masa usia 4 tahun pertama dalam perkembangan anak disebut sebagai usia emas (golden age). Pada masa tersebut anak membutuhkan rangsangan-rangsangan intelektual, emosional, dan spiritual.Hasil penelitian terbaru menyimpulkan bahwa perkembangan intelektual terjadi sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupan anak. Pada usia 4 tahun seorang anak sudah membentuk 50% inteligensi yang dimilikinya, 30% lagi pada usia sampai 8 tahun dan 20% sisanya pada perkembangan berikutnya. Untuk itu diperlukan tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, yakni tenaga yang mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang pengelolaan pendidikan anak usia dini. Sebagimana yang diamanatkan oleh UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang diikuti oleh Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menuntut bahwa tenaga pendidik dan kependidikan anak usia dini harus memiliki latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan anak usia dini dengan kualifikasi akademik minimum Diploma IV atau Sarjana Strata Satu (S1).Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak usia dini yang belum mendapatkan layanan pendidikan yang professional. Diantaranya disebabkan masih terbatasnya tenaga pendidik yang mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang ini. Maka untuk menjawab tantangan tersebut, Jurusan PLS FIP UNP melaksanakan jenjang S1 Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

2. Tujuan Konsentrasi PAUD

a) Menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan professional sebagai dosen pada perguruan tinggi dan tenaga peneliti dan pengembang pada pada Badan Penelitian dan Pengembangan pendidikan daerah dan pusat.

b) Menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan professional sebagai perencana PAUD pada lembaga pemerintah dan swasta, tenaga pengelola PAUD, penyelenggara kelompok bermain, taman penitipan anak, bina keluarga balita, dan PAUD sejenis.

c) Menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional sebagai tenaga pelatih dan instruktur PAUD pada SKB, BPKB, BPPLSP, LPMP, Dinas Pendidikan, BKKBN, Dinas Sosial dan lembaga swasta lainnya.

d) Menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional sebagai guru pada kelompok bermain, taman penitipan anak, bina keluarga balita, dan PAUD sejenis.

e) Menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional sebagai konsultan pendidikan dan pengembang program lembaga pendidikan anak usia dini.

C. Program NR PLS & PAUD


Tempat dan Waktu Perkuliahan

Perkuliahan dilaksanakan di kampus UNP Air Tawar Jalan Prof. Dr. Hamka Padang dan Kampus Belakang Balok Bukittinggi. Waktu perkuliahan dialksanakan pada hariSenin s.d Jum’at (Siang) dengan jumlah pertemuan tatap muka sama dengan program reguler.

D. Biaya Perkuliahan


Biaya perkuliahan disetorkan pada rekening Rektor UNP pada Bank Nagari dengan Nomor Rekening 0101.00002-0 dengan rincian sebagai berikut:

SPP Rp. 750.000/Sem**

Pratikum Rp. 200.000/Sem**

SKMB* Rp. 1.575.000**

Fasilitas* Rp. 620.000**

Jumlah Rp. 3.145.000

* dibayar sekali selama kuliah

** Biaya semester lalu

*** Biaya semester Juli-Desember 2008 diatur kemudian

E. Staf Pengajar


Terdiri dari dosen yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing dan berpendidikan dalam dan luar negeri:

S1 = 4 orang

S2 = 9 orang

S3 = 3 orang

Jumlah = 16 orang

F. Syarat dan Jadwal Pendaftaran

a) amatan SLTA atau sederajat

b) Tamatan DI, DII, DIII bagi mahasiswa transfer

c) Tidak cacat fisik dan mental

d) Berminat dalam bidang PLS/PAUD

e) Mengisi Formulir yang disediakan panitia

f) Fotokopi ijazah/STTB dan NEM atau STK/STL yang dilegalisir masing-masing 1 lembar.

g) Pas foto hitam putih ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

h) Foto kopi KTP yang masih berlaku 1 lembar

i) Biaya Pendaftaran Rp. 150.000

j) Bagi yang sudah bekerja memperoleh izin dari atasan

k) Mata kuliah yang diambil pada PT lain dan sertifikat dapat dikonversikan dengan mata kuliah yang relevan sesuai aturan yang berlaku.

Jadwal, tempat pendaftaran dan seleksi:

Jadwal Pendaftaran tanggal Juni s.d Agustus 2008

 

Tempat: Jurusan PLS FIP UNP Air tawarSeleksi tanggal Agustus 2008

Mengetahui:

Dekan FIP UNP,

Prof.Dr. Firman, M.S, Kons

NIP 131598995

Padang, April 2008

Ketua,

Drs. Djusman, M.Si

NIP 131584113

 

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kantor Jurusan PLS FIP UNP, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Telp. (0751) 445092.

 

Pemutakhiran Terakhir ( Wednesday, 05 May 2010 )
 
< Sebelumnya

Pimpinan FIP

Pimpinan
 

Elearning

MEP

Galeri Foto

Galeri Foto

PowerPoint Template

Download PowerPoint Template

Template power point ini didesign dengan menggunakan logo dan atribut  Fakultas Ilmu Pendidikan dan juga UNP Untuk memilikinya silahkan download

Mail

Portal Akademik UNP

Pengunjung

free counters