• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Pendidikan Anak Usia Dini (S2)


Pendidikan Anak Usia Dini (S2)

VISI PROGRAM STUDI

Pernyataan Visi:

“Menjadi Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini yang unggul dalam riset dan pengembangan ilmu pendidikan Anak Usia Dini pada tingkat Asia Tenggara pada tahun 2026 berdasarkan Ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa”

 

Berdasarkan  visi  Magister  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  di  atas  dapat  dirumuskan beberapa kata kunci yang menjadi fokus utama, yaitu: Magister Pendidikan yang unggul dalam bidang riset dan pengembangan ilmu pendidikan anak usia dini di tingkat Asia

Unggul dalam Bidang Riset:

Magister Pendidikan Anak Usia Dini menjadi program studi yang menghasilkan karya ilmiah yang berbasis pada penelitian. Untuk setiap matakuliah mahasiswa wajib menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk artikel berbasis pada penelitian bersama dosen pengampu matakuliah. Sejak tahun pertama setiap matakuliah menghasilkan karya ilmiah dan mahasiswa wajib mengupload dalam academia.com dan atau mengirimkan ke jurnal-jurnal serta prosiding baik konferensi/seminar nasional atau internasional. Pada tahun 2018 telah diajukan 6 Judul Penelitian melalui DRPM penelitian Pascasarjana untuk pembiayaan penilitian pada tahun 2019.Dilakukan juga penelitian mandiri berkolaborasi Dosen dengan Mahasiswa pada tahun 2018.

Unggul dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini:

Magister Pendidikan Anak Usia Dini menjadi program studi yang menghasilkan analisis dan pemikiran terkait dengan ke ilmuan Pendidikan Anak Usia Dini. Pada 2018 hasil pengembangan ilmu tersebut terjadi kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa dan telah mendapatkan kontrak penerbitan buku dengan penerbit Prenadamedia Jakarta, judul buku: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi, dan sedang dalam proses penulisan buku kolaborasi dosen dengan mahasiswa yaitu Pengembangan Pembelajaran Sains dan Matematika Anak; Teori dan Praktik Penerapan Pembelajaran Beyond Centre and Cyrcle Time (BCCT); Konsep Dasar Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

Unggul di Kawasan Asia Tenggara:

Keunggulan Magister Pendidikan Anak Usia Dini menjadi visi di 2026, hal ini sejalan dengan visi UNP.   Sejarah telah membuktikan bahwa UNP yang sudah diakui oleh Menteri Pendidikan Malaysia sejak tahun 1980an untuk mendidik calon-calon pendidik dan tenaga kependidikan dengan Beasiswa Kerajaan Malaysia. UNP saat ini sudah bekerjasama dengan Universitas-Universitas yang ada di Asia Tenggara, bahkan bekerjasama dengan Universitas di Thailand, dan Jepang. Hal ini untuk mengjadikan Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini unggul di kawasan Asia Tenggara.

Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa:

Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam arti civitas akademika UNP umumnya dan Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini menjalankan perintah dan menjauhi larang Allah SWT. Pernyataan visi ini sejalan dengan ciri khas masyarakat Minangkabau, yaitu Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (adat bersendikan syariat Islam, syariat Islam bersendikan Al Quran). Keunggulan ini diwujudkan dalam bentuk; peraturan dan kebijakan dalam menjalankan etika, dan laboratorium Akhlak dan Moral Mulia yang dijalankan secara rutin ditingkat Fakultas dan Universitas di Masjid Al Azhar (Masjid Kampus)

Misi Program Studi

Pernyataan Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dibidang ilmu pendidikan anak usia dini berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, hasil penelitian, serta model pembelajaran yang inovatif baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  sebagai upaya  penerapan ilmu pendidikan anak usia dini untuk kemajuan bangsa.
  4. Meningkatkan tata kelola program studi Magister PAUD FIP UN
  5. Meningkatkan kerjasama lokal, nasional, dan internasional.Tujuan Program Studi

 

Berdasarkan Visi dan Misi di atas, maka tujuan Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu:

 

  1. Menghasilkan lulusanyang berilmu, terampil, professional, berbudaya, dan berkarakter di bidang pendidikan anak usia dini dengan berlandaskan iman dan taqwa.
  2. Membentuk mahasiswa yang agamis, cerdas, berkarakter tangguh dan adaptif terhadap perubahan lingkungan nasional dan global.
  3. Meningkatkan mutu serta kreatifitas pendidik dan tenaga kependidikan.
  4. Mengembangkan program pendidikan anak usia dini sesuai dengan tuntutan masyarakat yang meliputi penelitian dan penyebaran konsep pembelajaran di bidang pendidikan anak usia dini.
  5. Terlaksananya  kegiatan      pengabdian      kepada      masyarakat      dalam      rangka membantumengembangkan dan    meningkatkan kualitas pembelajaran dibidang pendidikananak usia dini.
  6. Menjadi  program   studi   yang   mandiri   dalam   tata   kelola   yang   baik   (Good Governance),mengembangkan program-program kemitraan dibidang pendidikan anak usia dini ditingkat lokal, nasional, dan Asia Tenggara berlandaskan iman dan taqwa.
  7. Terbangunnya budaya akademik yang berwawasan global
  8. Melaksanakan  kerjasama   dengan   berbagai   pihak   di   tingkat   lokal,   nasional   dan internasional.
  9. Terwujudnya Program Studi yang unggul di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2026.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan, maka ditentukan sasaran- sasaran yang sesuai dengan tantangan masa depan dan pertimbangan terkait dengan SDM, prasarana, serta sarana yang dimiliki oleh Program Studi. Program Studi Magister Pendidikan Usia Dini mempunyai sasaran yaitu lulusan bermutu.

1)  Lulusan yang memiliki standar kompetensi berdaya saing dibidang riset.

2)  Lulusan yang memiliki standar kapasitas dan kompetensi yang memiliki daya saing dibidang Pendidikan Anak Usia Dini

3)    Lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi dalam memecahkan masalah dibidang Pendidikan Anak Usia Dini

4)    Meningkatnya  kualitas   dan  mutu  lulusan  melalui  kegiatan   proses   belajar mengajar yang efektif dan efisien.

5)   Lulusan  yang  memiliki  kemampuan  bersaing  dan  unggul  di  kawasan  Asia

Tenggara

6)   Mampu mengaplikasikan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Strategi  pencapaian visi,  misi,  tujuan  dan  sasaran  disusun  berdasarkan rumusan  rencana Jangka Panjang tahun 2017-2022 Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP