• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

DAFTAR PENGECEKAN DOKUMEN PENDUKUNG VISITASI AKREDITASI BAN-PT


DAFTAR PENGECEKAN DOKUMEN PENDUKUNG VISITASI AKREDITASI BAN-PT

DAFTAR PENGECEKAN DOKUMEN PENDUKUNG VISITASI AKREDITASI BAN-PT

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Program Studi : S3 Administrasi Pendidikan

Borang 3 A

No. STD KETERANGAN DOKUMEN *) Tuliskan nama dokumen yang sudah ada tersebut
ADA BELUM ADA
1 1.1.1 Kejelasan, kerealistikan, dan keterkaitan antar visi, misi, tujuan, sasaran program studi, dan pemangku kepentingan yang terlibat.     (1) RENSTRA UNP,
(2) RENSTRA FAKULTAS,
(3) Bukti dokumen penyusunan visi misi prodi (undangan dan daftar hadir, sk tim perumus,
2 1.1.2 Strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu yang jelas dan didukung oleh dokumen.     (1) Rencana Pengembangan Prodi,
(2) Data capaian program 3 tahun terakhir, dibuat setiap tahun),
(3) Buku pedoman akademik
3 1,2 Pemahaman visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal stakeholders): sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.     (1) Bukti Dokumen sosialisasi; brosur; web; banner; spanduk,
(2) Data hasil pengukuran pemahaman visi misi oleh civitas akademika
4 2,1 Tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil. Klik   (1) SOTK UNP, (2) SK Rektor tentang tata cara pemilihan ketua prodi (tata tertip), (3) Berita Acara (dokumen bukti ) pengusulan kaprodi, (4) bukti undangan rapat ujian kompre;pembagian promotor, (5) Laporan Pertanggungjawaban Prodi per tahun (kalau tidak ada harus dibuat), (6) SK Dekan No 1310 tgl 20 Feb 2017 ttg Tim Perencanaan dan pengembangan prodi, dan SK Tim Kurikulum No 1620 tgl 3 Maret 2017, (7) Dokumen hasil kerja tim perencanaan dan kurikulum, (8) Daftar pembagian kerja dosen, pembagian tugas mengajar dan promotor, Daftar dosen yang mengikuti seminar / tahun
5 2,2 Karakteristik kepemimpinan yang efektif mencakup: kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik.     (1) Notulen Rapat; rapat koordinasi (MPF); daftar hadir, (2) Undangan dari pihak luar kaprodi (ceramah2); undangan PNF,
6 2,3 Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pengembangan staf, (4) pengawasan, (5) pengarahan, (6) representasi, dan (7) penganggaran yang dilaksanakan secara efektif. Klik   (1) Renstra UNP, (2) RENSTRA FAKULTAS, (3) Rencana pengembangan Prodi, (4) SOP tentang 7 aspek sistem pengelolaan fungsional dan operasional PS.
7 2,4 Pelaksanaan penjaminan mutu di program studi: (1) keberadaan kebijakan penjaminan mutu, (2) sistem dokumentasi, (3) tindak lanjut terhadap laporan pelaksanaan, dan (4) akreditasi program studi. Klik   (1) SK penjaminan mutu Universitas, Fakultas, Prodi, (2) SOP/instrumen, (3) Data hasil penjaminan mutu prodi , (4) Bukti tindak lanjut penjaminan mutu,
8 2,5 Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya: (1) Sumber umpan balik antara lain dari: dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan.
 (2) Pelaksanaan secara berkala (minimum sekali dalam tiga tahun)
 (3) Tindak lanjut untuk perbaikan kurikulum, pelaksanaan proses pembelajaran, dan peningkatan kegiatan program studi.
Klik   (1) Siapkan Instrumen Umpan Balik/sesuaikan dengan narasi borang, (2) Dokumen bukti penjaringan umpan balik (saran-saran dari dosen dan mahasiswa yang terdokumentasi); kapan dilakukan; pedoman penjaringan umpan balik mencakup tridharma; bukti tindak lanjut,
9 2,6 Upaya-upaya yang telah dilakukan penyelenggara program studi untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi ini antara lain mencakup: (1) Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa, (2) Upaya peningkatan mutu manajemen, (3) Upaya untuk peningkatan mutu lulusan, (4) Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan, dan
 (5) Upaya dan prestasi memperoleh dana dari sumber selain dari mhs.
Klik   (1) Dokumen bukti dari 5 upaya menjamin keberlanjutan PS,
10 3,1 Sistem rekrutmen calon mahasiswa baru: dokumentasi kebijakan dan persyaratan penerimaan. Klik   (1) Dokumen kebijakan penerimaan maba; keputusan rektor No (ada); (2) Dokumen syarat2 penerimaan maba (sesuaikan SK rektor dengan borang); Bukti2 IPK S2 mahasiswa sekarang; (rubah SK rektor atau buat aturan selingkung) (3) Siapkan dan sesuaikan data rekrutmen mahasiswa tahun2 trakhir
11 3.2.1.1 Rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung.      
12 3.2.1.2 Rasio mahasiswa baru yang melakukan registrasi terhadap calon mahasiswa baru yang lulus seleksi.      
13 3.2.1.3 Rasio mahasiswa baru transfer terhadap mahasiswa baru bukan transfer.      
14 3.2.1.4 Rata-rata masa studi lulusan (dalam tahun).      
15 3.2.1.5 Rata-rata IPK lulusan selama lima tahun terakhir. Klik    
16 3.2.1.6 Persentase mahasiswa warga negara asing (WNA).      
17 3.2.2 Penghargaan atas prestasi mahasiswa di bidang akademik. Klik   (1) Dokumen bukti prestasi mahasiswa; gantino; yeni; (ada)
18 3.2.3.1 Persentase kelulusan tepat waktu.      
19 3.2.3.2 Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri. Tidak ada    
20 3.3.1 Upaya pelacakan dan perekaman data lulusan.      
21 3.3.2.1 Pendapat pengguna lulusan (employer) terhadap kualitas alumni. Klik    
22 3.3.2.2 Pemanfaatan hasil pelacakan untuk perbaikan dalam aspek: (1) proses pembelajaran, (2) penggalangan dana, (3) informasi pekerjaan, dan (4) membangun jejaring.      
23 3,4 Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan program studi dalam bentuk: (1) Sumbangan dana, (2) Sumbangan fasilitas, (3) Masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dan (4) Pengembangan jejaring.     Foto bukti memberikan sumbangan berupa penyerahan buku
24 4,1 Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, penempatan, pembinaan, pengembangan, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan, serta konsistensi pelaksanaannya.     (1) SOP UNP
(2) SK Rektor tentag Penerimaan Dosen No. 254A/UN35/KP/2014
(3) UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 69
(4) Renstra UNP 2015-2019
25 4.2.1 Pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.     (1) Pedoman Monev
26 4.2.2 Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.     (1) Hasil Monev tentang Tridharma
27 4.3.1.1 Dosen tetap yang memiliki jabatan guru besar yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi PS.     (1) SK Guru Besar
28 4.3.1.2 Dosen yang memiliki sertifikat dosen.     (1) Sertifikat pendidik
29 4.3.2 Rata-rata beban kerja dosen per semester dalam SKS.     (1) SK Mengajar
30 4,4 Persentase jumlah dosen tidak tetap, terhadap jumlah seluruh dosen.      
31 4.5.1 Kegiatan tenaga ahli/pakar dari luar PT (tidak termasuk dosen tidak tetap) sebagai pembicara tamu di program studi ini, dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti kegiatan tenaga ahli (undangan, SK)
32 4.5.2 Keikutsertaan dosen tetap dalam kegiatan seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/ pameran/peragaan yang melibatkan ahli/pakar dari luar PT dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti kegiatan
33 4.5.3.1 Dosen tetap yang pernah menjadi penguji luar pada program studi lain di PT sendiri, dan pada PT lain nasional atau internasional, dalam tiga tahun terakhir.     (1) Undangan dan SK Penguji luar
34 4.5.3.2 Persentase dosen tetap yang pernah menjadi pakar/konsultan/staf ahli/nara sumber (bukan pejabat penuh waktu seperti direktur, dirjen, menteri, dll), dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti dosen yang menjadi konsultan, pakar, staf ahli
35 4.5.3.3 Persentase dosen tetap yang menjadi anggota masyarakat/himpunan/asosiasi profesi dan/atau ilmiah tingkat nasional dan/atau internasional dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti kartu anggota profesi
36 4.5.3.4 Dosen tetap yang pernah menjadi guru besar tamu (visiting professor) dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti visiting profesor
37 4.5.4 Prestasi dosen tetap selama tiga tahun terakhir dalam mendapatkan penghargaan hibah, pendanaan program dan kegiatan akademik dari institusi tingkat nasional dan internasional.     (1) Dokumen penelitian hibah
38 4.6.1.1 Tenaga kependidikan: pustakawan dan kualifikasinya.     (1) Ijazah pustakawan
39 4.6.1.2 Tenaga kependidikan: laboran, teknisi, analis, operator, dan programer.     (1) Ijazah Tenaga kependidikan: laboran, teknisi, analis, operator, dan programer.
40 4.6.1.3 Tenaga kependidikan: tenaga administrasi dan kualifikasinya.     (1) Tenaga kependidikan: tenaga administrasi dan kualifikasinya.
41 4.6.2 Upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan.     (1) Dokumen bukti upaya peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan
42 5.1.1.1 Kejelasan perumusan kompetensi lulusan di dalam kurikulum. Klik   (1) Dokumen kurikulum
43 5.1.1.2 Orientasi dan kesesuaian kompetensi lulusan dengan visi dan misi program studi. Klik   (1) Dokumen kurikulum
44 5.1.2 Struktur Kurikulum. Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum terstruktur: Kesesuaian mata kuliah dan urutannya dengan standar kompetensi. Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum tidak terstruktur: Periksa tugas-tugas apa saja yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memenuhi beban kredit yang disyaratkan bagi program studi doktor. Klik   (1) Dokumen kurikulum
45 5.1.3.1 Pelaksanaan peninjauan kurikulum selama lima tahun terakhir. Klik   (1) Hasil peninjauan kurikulum
(2) Daftar hadir peserta peninjauan kurikulum
46 5.1.3.2 Penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat. Klik   (1) Bukti penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat.
47 5.2.1 Persyaratan mukim. Klik   (1) Buku pedoman akademik yang mengatur tentang persyaratan mukim
48 5.2.2 Persyaratan penguasaan bahasa Inggris (TOEFL). Klik    
49 5.2.3 Mengikuti perkuliahan dan ujian mata kuliah (atau tugas-tugas setara dari komisi pembimbing) yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya. Klik   (1) Buku panduan akademik program s3 AP
50 5.2.4 Ujian kualifikasi: cara/bentuk ujian dan mutu soal ujian. Klik   (1) Buku panduan akademik program s3 AP
51 5.2.5 Penyajian dan penilaian rencana penelitian. Klik   (1) Buku panduan penulisan disertasi program s3 AP
52 5.2.6 Penyajian hasil penelitian disertasi dalam seminar. Klik   (1) Peraturan Rektor No. 9 Tahun 2018 tentang pelaksanaan tugas akhir
(2) Peraturan Rektor No. 11 Tahun 2018 tentang pelaksanaan tugas akhir 
53 5.2.7 Publikasi hasil penelitian disertasi. Klik   (1) Peraturan Rektor No. 11 Tahun 2018 tentang kewajiban penyajian hasil penelitian disertasi
(2) Pedoman disertasi FIP (file sama buk Rifma untuk diedit menjadi Prodi S3 AP)
54 5.2.8 Penulisan disertasi (disertasi menunjukkan luasnya kesujanaan, kedalaman penelitian, dan kemampuan untuk meneliti permasalahan secara mandiri sesuai kaidah ilmiah). Klik   (1) Buku panduan akademik program s3 AP, tim penilai kelayakan disertasi, sudah dikirim via wa oleh pak rus
(2) Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir
55 5.2.9 Ujian akhir tertutup studi doktor. Klik   (1) Buku panduan akademik program s3 AP, persyaratan pembimbing, penguji luar PT, dll
(2) Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir
56 5.3.1 Sistem pembimbingan penelitian disertasi dan penulisan disertasi: Ketersediaan panduan, sosialisasi, dan pelaksanaannya. Klik   (1) Buku panduan akademik program s3 AP
(2) Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir
(3) Buku panduan khusus penulisan disertasi
(4) Bukti sosialisasi panduan
57 5.3.2.1 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing disertasi sebagai promotor/pembimbing utama. Dalam hal jumlah mahasiswa bimbingan, penilaian berdasarkan expert judgment.     (1) SK Promotor, mahasiswa <= 3
58 5.3.2.2 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing disertasi baik sebagai promotor, kopromotor, maupun anggota.     (1) lihat panduan penulisan, mahasiswa <= 6
59 5.3.2.3 Jabatan akademik (fungsional) dosen pembimbing utama/promotor disertasi.     (1) SK Pembimbing, 80 % GB
60 5.4.1 Monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian kualifikasi: (1) mutu SOP monev, (2) komisi/lembaga monev, dan (3) kemampuan monev mendeteksi penyimpangan dalam ujian kualifikasi doktor.     (1) SOP Monev,
(2) Komisi monev,
(3) Mekanisme monev
Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian
61 5.4.2 Monitoring dan evaluasi proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian disertasi.     (1) SOP Monev,
(2) Komisi monev,
(3) Mekanisme monev
Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian
62 5.4.3 Monitoring dan evaluasi proses penulisan disertasi.     (1) SOP Monev,
(2) Komisi monev,
(3) Mekanisme monev
Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian
63 5.4.4 Monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.     (1) SOP Monev,
(2) Komisi monev,
(3) Mekanisme monev
Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian
64 5.4.5 Monitoring dan evaluasi ujian akhir tertutup studi doktor.     (1) SOP Monev,
(2) Komisi monev,
(3) Mekanisme monev
Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian
65 5,5 Keberadaan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan lulusan program doktor dalam beradaptasi dengan perubahan/perkembangan atau kemampuan melakukan beragam pekerjaan (versatility), berupa kuliah, seminar, pelatihan, workshop dll. Klik   (1) Laporan kegiatan peningkatan kemampuan lulusan
(2) Mengundang pakar penelitian (pak sugiono, pak yohandri, branislav, theraphap) (sudah di wa pak rus jenis kegiatannya)
66 5.6.1 Kebijakan tertulis tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa). Klik   (1) SK Rektor tentang kebijakan Akademik
(2) Bukti pelaksanaan program 561 yang dilaksanakan secara konsisten
67 5.6.2 Ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana, sarana serta dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika. Klik   (1) Bukti dana untuk program interaksi akademik
68 5.6.3 Interaksi akademik berupa program dan kegiatan akademik, selain perkuliahan dan tugas-tugas khusus, untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku dll). Klik   (1) Bukti pelaksanaan program interaksi suasana akademik seperti seminar, simposium, lokarya, bedah buku, dll. Seminggu 1 kali nilai nya 4, 2 minggu 1 kali nilainya 3, lihat panduan penilaian
69 5.6.4 Pengembangan perilaku kecendekiawanan (kemampuan untuk menanggapi dan memberikan solusi pada masalah masyarakat dan lingkungan).     (1) Bukti pelaksanaan program pengembangan prilaku kecendikiawanan misalnya, bukti PKM yang terkait dengan 4 masalah
70 6.1.1 Keterlibatan program studi dalam perencanaan target kinerja, perencanaan kegiatan/ kerja dan perencanaan alokasi dan pengelolaan dana.     (1) Proker Prodi
71 6.1.2.1 Persentase perolehan dana dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana.     (1) Bukti perolehan dana per tahun
72 6.1.2.2 Jumlah dana operasional per mahasiswa per tahun di luar dana penelitian disertasi.     (1) Bukti jumlah dana operasional / mahasiswa
73 6.1.2.3 Dana penelitian dosen dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti dana penelitian dosen dalam tiga tahun terakhir.
74 6.1.2.4 Dana pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dalam tiga tahun terakhir.     (1) Bukti dana pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dalam tiga tahun terakhir.
75 6.2.1 Ruang kerja dosen: luas, kelengkapan, dan kenyamanan.     (1) alternatif labor lt 2
76 6.2.2 Tempat kerja mahasiswa program studi doktor: (1) Ketersediaan meja kerja dan (2) akses internet.     (1) Bukti ruang kerja, setiap mahasiswa 1 meja
77 6.2.3 Prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses pembelajaran.      
78 6.2.4 Prasarana lain yang menunjang (misalnya tempat olah raga dan seni, ruang bersama, poliklinik).      
79 6.3.1.1 Bahan pustaka berupa buku teks lanjut. Klik   (1) a
80 6.3.1.2 Bahan pustaka berupa jurnal ilmiah terakreditasi Dikti.     (1) Jumlah jurnal terakreditasi dikti, 3 tahun terakhir, nomornya lengkap
81 6.3.1.3 Bahan pustaka berupa jurnal ilmiah internasional (termasuk e-journal).     (1) Jurnal internasional minimal 5
82 6.3.1.4 Bahan pustaka berupa prosiding seminar dalam tiga tahun terakhir.      
83 6.3.2 Ketersediaan, akses dan pendayagunaan sarana utama di laboratorium (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya).      
84 6.4.1 Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan PS dalam proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll.) Klik    
85 6.4.2 Aksesibilitas data dalam sistem informasi. Klik    
86 7.1.1.1 Keberadaan dan kesesuaian agenda penelitian dosen dengan bidang studi. Klik   (1) Agenda penelitian s3, dokumen, nampak per tahun
87 7.1.1.2 Lingkup jaringan penelitian.      
88 7.1.2 Penggunaan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian dosen dan mahasiswa.     (1) Daftar penelitian dosen yang menggunakan dan melakukan pendekatan penelitian baru
89 7.1.3 Jumlah penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS selama lima tahun.     (1) Daftar jumlah penelitian dosen 5 tahun terakhir
90 7.1.4.1 Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama lima tahun.     (1) Daftar jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan dosen 5 tahun terakhir
91 7.1.4.2 Artikel ilmiah yang tercatat dalam lembaga sitasi. Klik   (1) Daftar artikel ilmiah yang disitasi
92 7.1.5 Persentase mahasiswa program doktor yang penelitian disertasinya adalah bagian dari penelitian dosen.      
93 7.1.6 Karya-karya dosen atau mahasiswa PS yang telah memperoleh hak paten atau karya yang mendapat pengakuan dari lembaga nasional/ internasional dalam lima tahun terakhir. Klik   (1) Daftar jumlah HKI 5 tahun terakhir
94 7.1.7 Dampak hasil penelitian terhadap peningkatan aspek berikut: (1) produktivitas, (2) kesejahteraan masyarakat, dan (3) mutu lingkungan. Klik   (1) Dokumen tentang dampak hasil penelitian dosen terhadap salah satu (1) produktivitas, (2) kesejahteraan masyarakat, dan (3) mutu lingkungan.
95 7.2.1 Jumlah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama lima tahun.     (1) Daftar jumlah pengabdian masyarakat 5 tahun
96 7.2.2 Hasil/dampak kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dari dosen program studi.     (1) dokumen Dampak pengabdian terdhadap salah satu dari 5 aspek, salah satu peningkatan pendapatan, pengetahuan, produksi, perubahan prilaku, dan lingkungan)
97 7.3.1 Kegiatan kerjasama dengan instansi di dalam negeri dalam tiga tahun terakhir.     (1) Daftar MoU dalam Negeri
(2) Bukti pelaksanaan setiap MoU,
98 7.3.2 Kegiatan kerjasama dengan instansi di luar negeri dalam tiga tahun terakhir.     (1) Daftar MoU dalam Negeri
(2) Bukti pelaksanaan setiap MoU,
  Keterangan : *) beri tanda Centang ( √ ) pada kolom yang sesuai    

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP