• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Daftar Bukti Fisik Sesuai Borang


Daftar Bukti Fisik Sesuai Borang

1.1.1    Kejelasan,  kerealistikan, dan keterkaitan antar visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi, dan npemangku kepentingan yang terlibat.

(1)          Statuta UNP Nomor 67 Tahun 2016 (oke)

(2)          Undang-Undang RI  Nomor 20  Tahun 2003 (oke)

(3)          Undang-Undang RI  Nomor 14  Tahun 2005 (oke)

(4)          Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 (oke)

(5)          Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 (oke)

(6)          Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tetang Standar Nasional Pendidikan (oke)

(7)          Perubahan Kedua Peraturan pemerintah No 13 Tahun 2015 (oke)

(8)          Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 (oke)

(9)          Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 (oke)

(10)        Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009 (oke)

(11)        Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 (oke)

(12)        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2010[a1]  (oke)

(13)        Ketua Prodi membentuk tim perumus visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian PS S3 AP melalui rapat dewan dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik dengan SK Dekan No. 3077/UN.35.4/AK/2016 Tentang Tim Perumus Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian PS S3 AP Tanggal 6 Mei 2016. Tim dibentuk berdasarkan SK Dekan FIP tentang tim penyusun visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian PS S3 AP FIP UNP.[a2]

(14)        Setelah terbentuknya tim perumus visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian PS S3 AP FIP UNP, tim mengundang para stakeholders yang terdiri dari tim perumus: Dekan, Wakil-Wakil Dekan, Ketua Prodi, Anggota Tim, serta stakeholders yang meliputi Mahasiswa, dan Pengguna Lulusan: Dinas Pendidikan Kota dan Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, dan LPMP Sumatera Barat) untuk memberikan masukan.[a3]

(15)        Renstra UNP 2015-2019, Renstra UNP 2020-2024 (oke)

(16)        Renstra Fakultas (oke)

(17)        Bukti dokumen penyusunan visi misi prodi (undangan dan daftar hadir, sk tim perumus,

 

1.1.1        Strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu yang jelas dan didukung oleh dokumen

(17)      SK pendirian program studi [a4] (oke)

(18)      Visi dan misi PS S3 AP 2020[a5]  (oke)

(19)      Statuta (oke)

(20)      Renstra UNP 2015-2019, Renstra UNP 2020-2024 (oke)

(21)      SOTK UNP[a6] (oke)

(22)        Membangun jejaring kerjasama (networking) antar institusi Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, pemerintah maupun swasta, serta organisasi kemasyarakatan lainnya yang relevan dalam rangka peningkatan pendidikan, pembelajaran dan penelitian serta pengabdian pada masyarakat dalam bidang administrasi pendidikan  [a7]

(23)        Rencana Pengembangan Prodi, Data capaian program 3 tahun terakhir, dibuat setiap tahun), Buku pedoman akademik

 

1.2       Pemahaman  visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal stakeholders): sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

(24)           Bukti Dokumen sosialisasi; brosur; web; banner; spanduk (oke)

(25)           Data hasil pengukuran pemahaman visi misi oleh civitas akademika

2.1       Tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.

(26)           SOTK UNP (oke)

(27)           SK Rektor tentang tata cara pemilihan ketua prodi (tata tertip),

(28)           Berita Acara (dokumen bukti ) pengusulan kaprodi,

(29)           bukti undangan rapat ujian kompre;pembagian promotor,

(30)           Laporan Pertanggungjawaban Prodi per tahun (kalau tidak ada harus dibuat),

(31)           SK Dekan No 1310 tgl 20 Feb 2017 ttg Tim Perencanaan dan pengembangan prodi, dan

(32)           SK Tim Kurikulum No 1620 tgl 3 Maret 2017,

(33)           Dokumen hasil kerja tim perencanaan dan  kurikulum,

(34)           Daftar pembagian kerja dosen, pembagian tugas mengajar dan promotor, Daftar dosen yang mengikuti seminar / tahun

2.2       Karakteristik kepemimpinan yang efektif mencakup: kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik.

(35)                     Notulen Rapat; rapat koordinasi (MPF); daftar hadir,

(36)                     Undangan dari pihak luar kaprodi (ceramah2); undangan PNF,

2.3          Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pengembangan staf, (4) pengawasan, (5) pengarahan, (6) representasi, dan (7) penganggaran yang dilaksanakan secara efektif.

(37)                     Renstra UNP 2015-2019, Renstra UNP 2020-2024 (oke)

(38)                     [a8] Renstra Fakultas (oke)

(39)                     Renstra UNP 2015-2019, Renstra UNP 2020-2024 (oke)

(40)                     Renstra Fakultas (oke)

(41)                     Renop FIP[a9]  (oke)

(42)                     Permen Ristek Dikti Nomor 62 Tahun 2016 [a10]

(43)                     Rencana Pengembangan Prodi

(44)                     SOP tentang 7 aspek sistem pengelolan fungsional dan operasional ps

2.4 Pelaksanaan penjaminan mutu di program studi: (1) keberadaan kebijakan penjaminan mutu, (2) sistem dokumentasi, (3) tindak lanjut terhadap laporan pelaksanaan, dan (4) akreditasi program studi.

(45)                     Permen Ristek Dikti No 67 Tahun 2016 tentang STATUTA UNP pasal 91

(46)                     SK Rektor UNP Nomor: 162/UN35/KP/2014[a11]

(47)                     SK Dekan No. 0051A/ UN35.1.4/ KP.8/ 2014[a12]

(48)                     SK pembentukan kelembagaan [a13]

(49)                     SK penjaminan mutu Universitas, Fakultas, Prodi,

(50)                     SOP/instrumen,

(51)                     Data hasil penjaminan mutu prodi ,

(52)                     Bukti tindak lanjut penjaminan mutu,

2.5 Penjaringan umpan balik  dan tindak lanjutnya: (1) Sumber umpan balik antara lain dari: dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan.(2) Pelaksanaan secara berkala (minimum sekali dalam tiga tahun)(3) Tindak lanjut untuk perbaikan kurikulum, pelaksanaan proses pembelajaran, dan peningkatan kegiatan program studi.

(53)                     Siapkan Instrumen Umpan Balik/sesuaikan dengan narasi borang,

(54)                     Dokumen bukti penjaringan umpan balik (saran-saran dari dosen dan mahasiswa yang terdokumentasi); kapan dilakukan; pedoman penjaringan umpan balik mencakup tridharma; bukti tindak lanjut,

2.6 Upaya-upaya yang telah dilakukan penyelenggara program studi untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi ini antara lain mencakup: (1) Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa, (2) Upaya peningkatan mutu manajemen, (3) Upaya untuk peningkatan mutu lulusan, (4) Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan, dan

(5) Upaya dan prestasi memperoleh dana dari sumber selain dari mhs.

(55)                     Dokumen bukti dari 5 upaya menjamin keberlanjutan PS,

3.1 Sistem rekrutmen calon mahasiswa baru: dokumentasi kebijakan dan persyaratan penerimaan.

(56)                     Keputusan Rektor Universitas Negeri Padang Nomor 2369/UN35/AK/2017 [a14]

(57)                     Dokumen kebijakan penerimaan maba; keputusan rektor No (ada);

(58)                     Dokumen syarat2 penerimaan maba (sesuaikan SK rektor dengan borang); Bukti2 IPK S2 mahasiswa sekarang; (rubah SK rektor atau buat aturan selingkung)

(59)                     Siapkan dan sesuaikan data rekrutmen mahasiswa tahun2 trakhir

3.2.1.1 Rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung.

(60)                     Bukti Fisik

3.2.1.2 Rasio mahasiswa baru yang melakukan registrasi terhadap calon mahasiswa baru yang lulus seleksi.

(61)                     Bukti Fisik

3.2.1.3 Rasio mahasiswa baru transfer terhadap mahasiswa baru bukan transfer.

(62)                     Bukti Fisik

3.2.1.4 Rata-rata masa studi lulusan (dalam tahun).

(63)                     Bukti Fisik

3.2.1.5 Rata-rata IPK lulusan selama lima tahun terakhir.

(64)                     Bukti Fisik

3.2.1.6 Persentase mahasiswa warga negara asing (WNA).

(65)                     Bukti Fisik

3.2.2 Penghargaan atas prestasi mahasiswa di bidang akademik.

(66)                     Dokumen bukti prestasi mahasiswa; gantino; yeni; (ada)

3.2.3.1 Persentase kelulusan tepat waktu

(67)                     Bukti fisik

3.2.3.2 Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri.

(68)                     Bukti fisik

3.3.1 Upaya pelacakan dan perekaman data lulusan.

(69)                     Bukti fisil

3.3.2.1 Pendapat pengguna lulusan (employer) terhadap kualitas alumni.

(70)                     Bukti Fiisk

3.3.2.2 Pemanfaatan hasil pelacakan untuk perbaikan dalam aspek: (1) proses pembelajaran, (2) penggalangan dana, (3) informasi pekerjaan, dan (4) membangun jejaring.

(71)         Bukti Fisik

3.4 "Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan  program studi dalam bentuk: (1) Sumbangan dana, (2) Sumbangan fasilitas, (3) Masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dan (4) Pengembangan jejaring.

(72)         Bukti Fisik

4.1 Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, penempatan, pembinaan, pengembangan, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan, serta konsistensi pelaksanaannya.

(73)         SOP UNP

(74)         SK Rektor tentang Penerimaan Dosen No. 254A/UN35/KP/2014

(75)         UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 69 (oke)

(76)         Renstra UNP 2015-2019, Renstra UNP 2020-2024 (oke)

4.2.1 Pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

(77)         Pedoman Monev[a15]

4.2.2 Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang  pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.

(78)                         Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Dosen di Bidang  Pendidikan, Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat.[a16]

4.3.1.2 Dosen yang memiliki sertifikat dosen.

(79)      Sertifikat Pendidik[a17]

4.3.2 Rata-rata beban kerja dosen per semester dalam SKS.

(80)         SK Mengajar[a18]

4.4 Persentase jumlah dosen tidak tetap, terhadap jumlah seluruh dosen.

(81)         Bukti fisik

4.5.1 Kegiatan tenaga ahli/pakar dari luar PT (tidak termasuk dosen tidak tetap) sebagai pembicara tamu di program studi ini, dalam tiga tahun terakhir.

(82)         Bukti Fisik

4.5.2 Keikutsertaan dosen tetap dalam kegiatan seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/ pameran/peragaan yang melibatkan ahli/pakar dari luar PT dalam tiga tahun terakhir.

(83)                         Bukti Kegiatan Dosen Tetap dalam Seminar Ilmiah / Lokakarya /Penataran /Workshop/ Pameran[a19]

  1. Prof. Dr. Rusdinal. M.Pd
  2. Prof. Dr. Nurhizrah G., M.Ed., Ed.D
  3. Prof. Sufyarma Marsidin. M.Pd
  4. Dr. Yahya. M.Pd
  5. Dr. Rifma. M.Pd
  6. Dr. Hadiyanto. M.Ed

4.5.3.1 Dosen tetap yang pernah menjadi penguji luar pada program studi lain di PT sendiri, dan pada PT lain nasional atau internasional, dalam tiga tahun terakhir.

(84)         Undangan dan SK penguji luar[a20]

  1. Prof. Dr. Rusdinal M.Pd
  2. Prof. Dr. Nurhizrah G., M.Ed., Ed.D
  3.     Prof. Dr. Sufyarma Marsidin. M.Pd

4..5.3.2 Persentase dosen tetap yang pernah menjadi pakar/konsultan/staf ahli/nara sumber (bukan pejabat penuh waktu seperti direktur, dirjen, menteri, dll), dalam tiga tahun terakhir.

(85) Bukti Dosen yang menjadi konsultan, pakar, staf ahli[a21]

  1. Prof. Dr. Sufyarma Marsidin. M.Pd

4.5.3.3 Persentase dosen tetap yang menjadi anggota masyarakat/himpunan/asosiasi profesi dan/atau  ilmiah tingkat nasional dan/atau internasional dalam tiga tahun terakhir.

(86)                         Bukti kartu anggota profesi[a22]

4.5.3.4 Dosen tetap yang pernah menjadi guru besar tamu (visiting professor) dalam tiga tahun terakhir.

(87)                         Bukti Visiting Profesor

4.5.4 Prestasi dosen tetap selama tiga tahun terakhir dalam mendapatkan penghargaan hibah, pendanaan program dan kegiatan akademik dari institusi tingkat nasional dan internasional.

(88)                         Dokumen Penelitian Hibah

4.6.1.1  Tenaga kependidikan: pustakawan dan kualifikasinya.

(89)         Ijazah Pustakawan [a23]

4.6.1.2  Tenaga kependidikan: laboran, teknisi, analis, operator, dan programer.

(90)          Ijazah Tenaga Kependidikan: Laboran, teknisi, analis, operator, dan programer[a24]

4.6.1.3 Tenaga kependidikan: tenaga administrasi dan kualifikasinya.

(91)      Tenaga Kependidikan: Tenaga Administrasi dan Kualifikasinya[a25]

4.6.2 Upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan.

(92)         Dokumen bukti upaya peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan[a26]

(93)                         Dalam upaya memotivasi tenaga kependidikan meningkatkan kualifikasi dan kompetensi mereka lembaga menfasilitasi dengan memberi kemudahan atau fleksibelitas dalam pelaksanaan tugas, bantuan dana untuk pembelian buku/fotocopy bahan perkuliahan. Bagi tenaga kependidikan yang mengikuti kegiatan pelatihan  dan studi banding juga diberi bantua dana  oleh lembaga (Fakultas atau Universitas). [a27]

5.1.1.1 Kejelasan perumusan kompetensi lulusan di dalam kurikulum.

(94)         Dokumen Kurikulum

5.1.1.2 Orientasi dan kesesuaian kompetensi lulusan dengan visi dan misi program studi.

(95)         Dokumen Kurikulum

5.1.2 Struktur Kurikulum.  Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum terstruktur: Kesesuaian mata kuliah dan urutannya dengan standar kompetensi.  Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum tidak terstruktur: Periksa tugas-tugas apa saja yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memenuhi beban kredit yang disyaratkan bagi program studi doktor.

(96)         Dokumen Kurikulum

5.1.3.1 Pelaksanaan peninjauan kurikulum selama lima tahun terakhir.

(97)         Tim pengembang kurikulum[WU28]

(98)         SK Menteri NO.232/U/2000 (oke)

(99)                         Salinan Peraturan Menteri Risetdikti RI NO 44 TH 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (oke)

(100)  Hasil Peninjauan Kurikulum

(101)  Daftar Hadir Peserta Peninjauan

5.1.3.2 Penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat.

(102)  Bukti penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat.

5.2.1 Persyaratan Mukim

(103)  Buku pedoman Akademik yang mengatur tentang persyaratan mukim

5.2.2 Persyaratan penguasaan bahasa Inggris (TOEFL).

(104)  (SK Dekan..).[WU29]  [WU30]

5.2.3 Mengikuti perkuliahan dan ujian mata kuliah (atau tugas-tugas setara dari komisi pembimbing) yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya.

(105)  Buku Panduan akademik program S3 AP

5.2.4 Ujian kualifikasi: cara/bentuk ujian dan mutu soal ujian.

(106)  Buku Panduan Akademik program S3 AP

5.2.5 Penyajian dan penilaian rencana penelitian.

(107)  Buku panduan penulisan disertasi program s3 AP

5.2.6 Penyajian hasil penelitian disertasi dalam seminar.

(108)  Peraturan Rektor No. 9 Tahun 2018 tentang pelaksanaan tugas akhir

5.2.7 Publikasi hasil penelitian disertasi.

(109)  Peraturan Rektor No. 11 Tahun 2018 tentang kewajiban penyajian hasil penelitian disertasi

(110)  Pedoman disertasi FIP (file sama buk Rifma untuk diedit menjadi Prodi S3 AP)

5.2.8 Penulisan disertasi (disertasi menunjukkan luasnya kesujanaan, kedalaman penelitian, dan kemampuan untuk meneliti permasalahan secara mandiri sesuai kaidah ilmiah).

(111)  Buku panduan akademik program S3 AP, tim penilai kelayakan disertasi, sudah dikirim via wa oleh pak rus

(112)  Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir

5.2.9 Ujian akhir tertutup studi doktor.

(113)  Buku panduan akademik program S3 AP, persyaratan pembimbing, penguji luar PT, dll

(114)  Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir

5.3 Penilitian Disertasi

(115)  Bukti fisik

5.3.1 Peraturan Akademik Universitas Negeri Padang No. 3/UN47/AK/2016 Pasal 55 dan 56 [WU31] Surat Keputusan Dekan.[WU32]

(116)  Buku panduan akademik Program S3 AP

(117)  Keputusan Rektor No 084 tahun 2015 tentang keabsahan tugas akhir

(118)  Buku panduan khusus penulisan disertasi Bukti sosialisasi panduan

5.3.2.1 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing disertasi sebagai promotor/pembimbing utama. Dalam hal jumlah mahasiswa bimbingan, penilaian berdasarkan expert judgment.

(119)  SK Promotor, mahasiswa (oke)

5.3.2.2 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing disertasi baik sebagai promotor, kopromotor, maupun anggota.

(120)  Lihat panduan penulisan, mahasiswa

5.4.1 Monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian kualifikasi: (1) mutu SOP monev, (2) komisi/lembaga monev, dan (3) kemampuan monev mendeteksi penyimpangan dalam ujian kualifikasi doktor.

(121)  SOP Monev,

(122)  Komisi monev,

(123)  Mekanisme monev

(124)  Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian

(125)  Panitia Pelaksana [WU33]

(126)  Monitoring dan Evaluasi Ujian Komprehensif dilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) FIP UNP[a34]

(127)  Keberadaan dan Keefektifan Lembaga/Komisi Pelaksana [a35]

(128)  Buku konsultasi penyelesaian [WU36]

(129)  SK Rektor Nomor 086/UN35/AK/2015 tentang Pedoman Akademik UNP

(130)  Peraturan Rektor NO 11 TH 2018 TTG TA

(131)  Suasana akademik [a37] juga ada dalam SOP No. 052/SOP/Pasca/2016 Tentang Peningkatan dan Keterjaminan Suasana Atmosfir Akademik. Selengkapnya penjelasan tentang beberapa aspek di atas adalah sebagai berikut:[a38]

5.4.2 Monitoring dan evaluasi proses  penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian disertasi.

(132)  SOP Monev,

(133)  Komisi monev,

(134)  Mekanisme monev

(135)  Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian

5.4.3 Monitoring dan evaluasi proses penulisan disertasi.

(136)  SOP Monev,

(137)  Komisi monev,

(138)  Mekanisme monev

(139)  Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian

5.4.4 Monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

(140)  SOP Monev,

(141)  Komisi monev,

(142)  Mekanisme monev

(143)  Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian

5.4.5 Monitoring dan evaluasi ujian akhir tertutup studi doktor.

(144)  SOP Monev,

(145)  Komisi monev,

(146)  Mekanisme monev

(147)  Harus mampu mendeteksi semua kemungkinan penyimpangan, contoh penyimpangan dalam ujian

5.5 Keberadaan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan lulusan program doktor dalam beradaptasi dengan perubahan/perkembangan atau kemampuan melakukan  beragam pekerjaan (versatility),  berupa kuliah, seminar, pelatihan, workshop dll.

(148)  Laporan kegiatan peningkatan kemampuan lulusan

(149)  Mengundang pakar penelitian (pak sugiono, pak yohandri, branislav, theraphap) (sudah di wa pak rus jenis kegiatannya)

5.6.1   Kebijakan tertulis tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa).

(150)  SK Rektor tentang kebijakan Akademik

(151)  Bukti pelaksanaan program 561 yang dilaksanakan secara konsisten

5.6.2 Ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana, sarana serta dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

(152)  Bukti dana untuk program interaksi akademik

5.6.3 Interaksi akademik berupa program dan kegiatan akademik, selain perkuliahan dan tugas-tugas khusus, untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku dll).

(153)  Bukti pelaksanaan program interaksi suasana akademik seperti seminar, simposium, lokarya, bedah buku, dll. Seminggu 1 kali nilai nya 4, 2 minggu 1 kali nilainya 3, lihat panduan penilaian

5.6.4  Pengembangan perilaku kecendekiawanan (kemampuan untuk menanggapi dan memberikan solusi pada masalah masyarakat dan lingkungan).

(154)  Bukti pelaksanaan program pengembangan prilaku kecendikiawanan misalnya, bukti PKM yang terkait dengan 4 masalah

6.1.1 Keterlibatan program studi dalam perencanaan target kinerja, perencanaan kegiatan/ kerja dan perencanaan alokasi dan pengelolaan dana.

(155)  Proker Prodi

6.1.2.1 Persentase perolehan dana dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana.

(156)  Bukti perolehan dana per tahun

6.1.2.2 Jumlah dana operasional per mahasiswa per tahun di luar dana penelitian disertasi.

(157)  Bukti jumlah dana operasional / mahasiswa

6.1.2.3 Dana penelitian dosen dalam tiga tahun terakhir.

(158)  Bukti dana penelitian dosen dalam tiga tahun terakhir.

6.1.2.4 Dana pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dalam tiga  tahun terakhir.

(159)  Bukti dana pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dalam tiga  tahun terakhir.

6.2.1 Ruang kerja dosen: luas, kelengkapan, dan kenyamanan.

(160)   alternatif labor lt 2

6.2.2  Tempat kerja mahasiswa program studi doktor: (1) Ketersediaan meja kerja dan (2) akses internet.

(161)  Ketersediaan tempat kerja dan fasilitas internet (bandwidth) untuk mahasiswa Program Studi S3 Administrasi Pendidikan FIP UNP[a39]

(162)  Bukti ruang kerja, setiap mahasiswa 1 meja

6.2.3 Prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali  ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses pembelajaran.

(163)  Bukti fisik

6.2.4 Prasarana lain yang menunjang (misalnya tempat olah raga dan seni, ruang bersama, poliklinik).

(164)  Bukti Fisik

6.3.1.1 Bahan pustaka berupa buku teks lanjut.

(165)  Bukti Fisik

6.3.1.2 Bahan pustaka berupa jurnal ilmiah terakreditasi Dikti.

(166)  Bukti Fisik

Link Jurnal

6.3.1.3 Bahan pustaka  berupa jurnal ilmiah internasional (termasuk e-journal).

(167)  Jurnal internasional minimal 5

6.3.1.4 Bahan pustaka berupa prosiding seminar dalam tiga tahun terakhir.

(168)  Bukti fisik

6.3.2 Ketersediaan, akses dan pendayagunaan sarana utama di laboratorium  (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya).

(169)  Bukti fisik

6.4.1Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan PS dalam proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll.)

(170)  Bukti fisik

6.4.2 Aksesibilitas data dalam sistem informasi.

(171)  Bukti fisik

7.1.1.1 Keberadaan dan kesesuaian agenda penelitian dosen dengan bidang studi.

(172)  Agenda penelitian s3, dokumen, nampak per tahun

7.1.1.2 Lingkup jaringan penelitian.

(173)  Bukti fisik

7.1.2 Penggunaan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian dosen dan mahasiswa.

(174)  Daftar penelitian dosen yang menggunakan dan melakukan pendekatan penelitian baru

7.1.3 Jumlah penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS selama lima tahun.

(175)   Daftar jumlah penelitian dosen 5 tahun terakhir

7.1.4.1 Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama lima tahun.

(176)   Daftar jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan dosen 5 tahun terakhir

7.1.4.2 Artikel ilmiah yang tercatat dalam lembaga sitasi.

(177)   Daftar artikel ilmiah yang disitasi

7.1.5 Persentase  mahasiswa program doktor yang penelitian disertasinya adalah bagian dari penelitian dosen.

(178)  Bukti fisik

7.1.6 Karya-karya dosen atau mahasiswa PS yang telah memperoleh hak paten atau karya yang mendapat pengakuan dari lembaga nasional/ internasional dalam lima tahun terakhir.

(179)   Daftar jumlah HKI 5 tahun terakhir

7.1.7 Dampak hasil penelitian terhadap peningkatan aspek berikut: (1) produktivitas, (2) kesejahteraan masyarakat, dan (3) mutu lingkungan.

(180)   Dokumen tentang dampak hasil penelitian dosen terhadap salah satu (1) produktivitas, (2) kesejahteraan masyarakat, dan (3) mutu lingkungan.

7.2.1 Jumlah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama lima tahun.

(181)   Daftar jumlah pengabdian masyarakat 5 tahun

7.2.2 Hasil/dampak  kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dari dosen program studi.

(182)  dokumen Dampak pengabdian terdhadap salah satu dari 5 aspek, salah satu peningkatan pendapatan, pengetahuan, produksi, perubahan prilaku, dan lingkungan)

7.3.1 Kegiatan kerjasama dengan instansi di dalam negeri dalam tiga tahun terakhir.

(183)  Daftar MoU dalam Negeri

(184)  Bukti pelaksanaan setiap MoU,

7.3.2 Kegiatan kerjasama dengan instansi di luar negeri dalam tiga tahun terakhir.

(185)  Daftar MoU dalam Negeri

(186)  Bukti pelaksanaan setiap MoU,

Perkuliahan[a40]

SYARAT CALON WISUDA UNP

Kontrak Perkuliahan, Daftar Hadir, Buku Batas, Kontrak Perkuliahan

Syarat Ujian Tugas Akhir

UNDANG- UNDANG[a41]

(1)   Jenjang KKNI 5.1.1.1

 

Kumpulan SOP

            http://fip.unp.ac.id/lp3m-home-41.fipunp

 [a1]Belum dapat File nya

 [a2]Buat SK Dekan

 [a3]Minta Daftar Hadir

 [a4]

 [a5]

 [a6]

 [a7]Sebutkan dokumen yang menjadi acuan penetapan strategi pencapaian sasaran, Renstra dan Renop UNP, Fakultas, dan Prodi

 [a8]

 [a9]

 [a10]Sudah Dapat Materi

 [a11]

 [a12]

 [a13]Check

 [a14]

 [a15]File sudah ada tidak perlu discan tapi belum dimasukkan

 [a16]Tampilkan data jejak kinerja dosen, ada profil, sebaran jam mengajar dosen per tahun

 [a17]

 [a18]

 [a19]

 [a20]

 [a21]

 [a22]File sudah ada tidak perlu discan tapi belum dimasukkan

 [a23]

 

 [a24]

 [a25]

 [a26]

 [a27]24 maret, rus : tambah data tentang dana

 [WU28]SK tim pengembang kurikulum

 [WU29]SK dekan ....

 [WU30]

 [WU31]

 [WU32]SK Dekan nomor…

 [WU33]SK panitia pelaksana ujian komprehensif

 [a34]Buat hasil Monevnya

 [a35]Ditambah SK dekan

 [WU36]Foto cover buku konsultasi

 [a37]Cari SK Rektor

Jawaban : dimana dicari

 

 [a38]Lihat UU no 20 tahun 2003 ttg suasana akdemik dan mimbar akademik

 [a39]Cari foto ruang kerja mahasiswa (p andi), foto ruang kuliah labor computer AIP harus tampak ada jaringan internet/akses point

 [a40]Sudah discan

 [a41]

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP