• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dalam seting inklusif bagi guru-guru Sekolah Dasar Koto Tangah Simalanggang: Pengabdian Dosen PLB FIP UNP


Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dalam seting inklusif bagi guru-guru Sekolah Dasar Koto Tangah Simalanggang: Pengabdian Dosen PLB FIP UNP

By : Admin PLB Date : 2018-10-08 17:11:32

Keberadaan anak berkebutuhan khusus di sekolah umum bukan lagi menjadi suatu hal yang baru di era sekarang ini. Menurut beberapa penelitian hampir disetiap sekolah terdapat anak berkbutuhan khusus, terutama dari jenis anak lamban belajar, anak berkesulitan belajar dan anak dengan gangguan emosi dan sosial. Ketiga jenisanak berkebutuhan khusus  ini harus diperhatikan dalam merencanakan, menseting dan melaksanakan pembelajarannya.  Kemudian dengan gaung penyelenggaraan pendidikan inklusif di indonesia, pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus ini pun harus terakomodasi dengan baik di sekolah reguler.

Pada tiga Sekolah Dasar di kenagarian Koto Tangah Simalanggang, lebih dari 20 siswa berkebutuhan khusus dari ketiga jenis hambatan diatas sudah teridentifikasi dan sudah dilakukan asesmen untuk memastikan kebutuhan, potensi dan hambatannya dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah  tersebut disamakan dengan anak pada umumnya, sehingga memuncculkan sebuah permasalahan dan tantangan baru bagi guru kelas. Pertama, pembelajaran jadi tidak kondusif, karena anak-anak berkebutuhan khusus cukup menyita perhatian dan tenaga guru. Kedua, materi pembelajaran yang disampaikan tidak terkuasai oleh anak sepenuhnya, hal ini berpengaruh pada prestasi belajar anak dan menjadi beresiko membuat anak tinggal kelas.

Berdasarkan kondisi diatas, tim dari jurusan PLB FIP UNP melaksanakan kegiatan pengabdian Program Kemitraan Masyarakat terhadap guru-guru sekolah dasar di kenagarian Koto Tangah Simalanggang, Kec. Payakumbuh, Kab. Lim Puluh Kota. Judul dari kegiatan ini “PKM Bagi Guru-guru Sekolah Dasar dalam Seting Inklusif di Kenagarian Koto Tangah Simalanggang, Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota”, yang dilaksanakan selama enam hari kegiatan, tanggal 29 dan 30 September, 1,2,3,4 Oktober 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang  guru-guru dari Sekolah Dasar 01, 02 dan 03 di Kenagarian Koto Tangah Simalanggang, empat orang narasumber, dan empat orang mahasiswa. Kegiatan ini dibuka oleh ketua tim pengabdian, Arisul Mahdi, M.Pd. pada hari pertama kegiatan berupa penyampaian materi : pertama, strategi pembelajaran anak dengan hambatan perilaku dan emosi dalam seting inklusif. Kedua, strategi pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar dalam seting inklusif. Ketiga, strategi pembelajaran bagi anak lamban belajar dalam seting inklusif. Keempat, layanan kompensatoris bagi anak berkebutuhan khusus. Narasumber pada kegitan ini adalah Rila Muspita, M.Pd, Safaruddin, M.Pd, Elsa Efrina, M.Pd, Arisul Mahdi, M.Pd. pada hari kedua, kegiatan pelatihan penyusunan RPP dalam seting inklusif. Hari ketiga, penyusunan media pembelajaran, hari keempat, kelima dan keenam praktik pemblejaran dalam seting inklusif di kelas masing-masing.

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP