• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus "Pengabdian Dosen PLB FIP UNP"


Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus "Pengabdian Dosen PLB FIP UNP"

By : Admin PLB Date : 2019-10-11 10:26:47

Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (PJOK) merupakan pelajaran yang harus diajarkan di sekolah dan pelajaran PJOK sendiri memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

Selain di sekolah regular, pembelajaran PJOK sendiri juga di ajarkan di Sekolah Luar Biasa dengan kegiatan belajar yang dimodifikasi baik dari pelaksanaannya, alat dan bentuk kegiatannya. Istilah yang digunakan adalah pembelajaran pendidikan Jasmani Adaptif. Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh (comprehensif) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Secara mendasar pendidikan jasmani adaptif adalah sama dengan pendidikan jasmani biasa. Oleh sebab itu sangat perlu adanya kegiatan pendidikan jasmani adaptif untuk dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa.

Beranjak dari pentingnya kegiatan pembelajaran jasmani adaptif ini, perlu rasanya guru-guru olahraga di Sekolah Luar Biasa dibekali pembelajaran pendidikan jasmani adaptif, karena tidak semua guru olahraga berada di Sekolah Luar Biasa.

Pada tanggal 28 September 2019, TIM Pengabdian dari Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP dengan ketua pelaksana Bapak Drs. Ardisal, M.Pd., menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul kegiatan “Pelatihan Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Guru-guru Sekolah Luar Biasa se Kota Padang”. Kegiatan pengabdian ini di laksanakan selama 4 (empat) hari dengan pelaksanaan kegiatan 1 (satu) hari pemberian pemahaman terkait pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, diskusi, dan simulai pembelajaran jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Hari selanjutnya kegiatan dilaksanakan di sekolah-sekolah peserta kegiatan pengabdian, dimana guru-guru sebagai peserta mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan selama satu hari kegiatan. Peserta kegiatan pada pengabdian ini sebanyak 37 orang dari 37 Sekolah Luar Biasa di Kota Padang.

Kegiatan pengabdian langsung dibuka oleh Ibu Rafmateti, S.Pd., sebagai ketua MKKS Kota Padang. Apresiasi besar dari Ketua MKKS Kota Padang terhadap kegiatan pengabdian ini, karena dilapangan banyak siswa berkebutuhan khusus yang sangat memerlukan kegiatan pembelajaran jasmani adaptif ini. Selain itu kerjasama yang dilakukan pada pengabdian ini sangat baik antara sekolah dengan Universitas. Harapan kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut.

Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, terlihat antusias dan semangat dari peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini. Mereka mengharapkan kedepannya kegiatan ini terus berlanjut.

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP