• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Ramah Tamah dan Evaluasi Program PERMATA dan Mahasiswa Asing di FIP UNP 2019


Ramah Tamah dan Evaluasi Program PERMATA dan Mahasiswa Asing di FIP UNP 2019

By : Zekri Date : 2019-11-15 09:39:45

Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan dan evaluasi program yang ada, pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP menyelenggarakan acara ramah tamah dan evaluasi Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara atau yang disingkat PERMATA Fakultas Ilmu Pendidikan UNP tahun 2019. Program PERMATA ini telah berlangsung dari bulan September dan berakhir pada akhir bulan November, acara dipimpin Wakil dekan 1 FIP UNP Dr. Hadiyanto, M.Ed didampingi oleh Wakil Dekan 3 FIP UNP Dr. Desyandri, M.Pd dan dihadiri oleh pimpinan Jurusan yang terdapat mahasiswa PERMATA dan mahasiswa asing. Pada semester Juli-Desember 2019 di Fakultas Ilmu Pendidikan terdapat 5 orang mahasiswa yang mengikuti program tersebut dan tersebar ke jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan, diantaranya 1 orang berada di jurusan Administrasi Pendidikan yang berasal dari Universitas Negeri Malang, 1 orang di Jurusan PG-PAUD berasal dari UPI serang, 1 orang di Jurusan PGSD berasal dari UPI Serang dan 2 orang di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah berasal dari Universitas Negeri Medan.

Dari hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan, secara umum mahasiswa yang menjalani Program PERMATA di Fakultas Ilmu Pendidikan selama 3 bulan ini merasa betah dan berkesan berada di Universitas Negeri Padang terutama di Fakultas Ilmu Pendidikan karena seluruh civitas akademika sangat welcome terhadap mereka. Meskipun begitu mereka juga menyampaikan beberapa kendala yang mereka hadapi, seperti akses internet di tempat tinggalnya yang susah dan transportasi dari tempat tinggal ke kampus yang sebagiannya lumayan jauh.

 

Selain mahasiswa PERMATA di Fakultas Ilmu Pendidikan juga terdapat mahasiswa Asing sebanyak 7 orang, diantaranya 2 orang di Jurusan Bimbingan dan Konseling berasal dari Myanmar, 3 orang di Jurusan PG-PAUD yang 1 diantaranya juga berasal dari Myanmar dan 2 orang lainnya berasal dari Malaysia, serta 2 orang di Program Studi S2 Administrasi Pendidikan yang berasal dari Myanmar. Para mahasiswa tersebut mulai kuliah pada semester Juli-Desember 2019.

Diantara kendala yang dihadapi oleh mahasiswa asing tersebut terutama mahasiswa yang berasal dari Myanmar adalah karena mereka belum terbiasa di UNP dan perbedaan kultur. Terkait dengan Bahasa belum semua dosen di Program Studi yang bersangkutan sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris sehingga mahasiswa asing tersebut memerlukan upaya ekstra untuk memahami materi perkuliahannya.  

Sebagian kondisi ini teratasi karena diantara mereka ada yang berasal dari Malaysia, dimana perbedaan kultur antara Indonesia dan Malaysia tidak terlalu jauh dan dibantu oleh class mate dan mahasiswa lain yang mampu berbahasa Inggris.    

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP