• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Selebrasi Akhir Tahun 2019 Jurusan PLS FIP UNP Selenggarakan Seminar Nasional Kerjasama dengan UNESA, UM, UNY, dan UNNES


Selebrasi Akhir Tahun 2019 Jurusan PLS FIP UNP Selenggarakan Seminar Nasional Kerjasama dengan UNESA, UM, UNY, dan UNNES

By : Zekri Date : 2019-12-23 14:22:51

Kolaborasi merupakan penanda sikap terbuka terhadap kemajuan. Pelibatan semua pihak melalui kerjasama dalam penyelenggaraan praktik pelayanan pengajaran sebagai dharma perguruan tinggi merupakan bentuk kesiapan menyongsong perubahan. Jurusan PLS FIP UNP berkomitmen mewujudkan perubahan yang dimulai dengan menjalin kerjasama dengan beberapa kampus di Jawa. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) dipilih sebagai kampus tujuan benchmarking, keunggulan dalam hal pengelolaan laboratorium melalui komunitas dan penyelennggaraan desa binaan, program kemahasiswaan, praktik pengajaran, dan pengelolaan publikasi karya ilmiah. 

Kunjungan ke beberapa kampus tujuan di Pulau Jawa tersebut dikemas menarik. Selain karena perjalanan yang ditempuh dengan menggunakan moda transportasi darat. Perjalanan juga dirasakan menyenangkan karena diselingi dengan kunjungan ke beberapa destinasi pariwisata sejarah, pariwisata alam, dan pariwisata buatan di kota-kota yang dilalui oleh rombongan delegasi. Kegiatan diselenggarakan selama sembilan hari mulai Jumat, 6 Desember sampai Minggu, 15 Desember 2019.

Delegasi dilepas secara resmi oleh Wakil Dekan III FIP UNP, Dr. Desyandri, M.Pd. Delegasi berjumlah 42 orang yang terdiri dari unsur mahasiswa, dosen, dan staf administrasi Jurusan PLS. Delegasi dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan PLS FIP UNP, Dr. Ismaniar, M.Pd. Delegasi secara terprogram terbagi menjadi tim narasumber seminar dan tim penyelenggara perjalanan. Prof. Dr. Jamaris, M.Pd., Dr. Irmawita, M.Si., Dr. Syur’aini, M.Pd., Dr. Tasril Bartin, M.Pd., dan Alim Harun Pamungkas, M.Pd., merupakan tim narasumber dosen yang bertugas menyajikan materi di kampus tujuan. Sedangkan tim narasumber dari unsur mahasiswa adalah mahasiswa terpilih dari angkatan 2017 dan angkatan 2018, yaitu Mella Kurnia Alnur (2017), Silvi Mei Yanti (2018), Ali Afrizal (2017), Windia Andani (2018), dan Hafid Abdul Tamsil (2018). Sebagai dukungan teknis, tim penyelenggara perjalanan yang terdiri dari dosen dan staf administrasi dikoordinasi oleh Anggi Firmanjaya Saputra (staf) dan Lili Dasa Putri, M.Pd. (dosen) sebagai koordinator perjalanan.      

Kegiatan pertama dari rangkaian kegiatan Seminar Nasional Kerjasama adalah seminar yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Bertempat di Kampus Lidah Wetan UNESA Surabaya, kegiatan berlangsung pada Senin, 9 Desember 2019 mulai pukul 08.30 hingga 12.00wib. Tema yang disajikan oleh para penyaji adalah seputar perkembangan Pendidikan Keaksaraan yang ada di nasional, dan praktiknya yang diselenggarakan oleh kedua universitas. Penyaji dosen dari Jurusan PLS UNP adalah Prof. Dr. Jamaris, M.Pd., dan Dr. Irmawita, M.Si., sedangkan dari Jurusan PLS UNESA adalah Dr. Widodo. Selain penyaji dari unsur dosen, kedua lembaga juga menampilkan penyaji dari unsur mahasiswa. Silvi Mei Yanti (TA. 2018) dan Mela Kurnia Alnur (TA. 2017) mewakili delegasi mahasiswa dari Jurusan PLS UNP. Pada seminar ini, para penyaji menekankan pada perbaikan praktik keaksaraan, utamanya pada keaksaraan digital yang aplikatif di masyarakat berbasis digital. Selain aktif dalam mengikuti seminar, para mahasiswa juga berlomba-lomba dalam memeriahkan acara dengan saling unjuk kebolehan dalam tarik suara sebagai pembuka dan penutup kegiatan. Harapannya, kegiatan semacam ini terus diselenggarakan demi terjalin kolaborasi dan kerjasama yang baik.

Kegiatan kedua adalah seminar nasional yang diselenggarakan di Aula Gedung E1 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan berlangsung pada Selasa, 10 Desember 2019. Pada seminar ini, pemateri dosen dari Jurusan PLS UNP adalah Dr. Syur'aini, M.Pd, dari Jurusan PLS UM adalah Reska Arina Rahma, S.Pd, M.Pd. Selain pemateri dari unsur dosen, kedua lembaga juga mewakili mahasiswa sebagai pemateri. Putri Satya Paramitha (2017) sebagai perwakilan Jurusan PLS UM, serta Ali Afrizal (TA. 2017) sebagai perwakilan mahasiswa dari Jurusan PLS UNP. Tema yang akan disajikan oleh para narasumber mahasiswa dan dosen adalah "Peran Parenting dalam Pendidikan Sepanjang Hayat”. Dalam penyampaian materi tersebut para pemateri menekankan pada pemanfaatan teknologi informasi oleh tenaga pendidik dan kependidikan luar sekolah, serta orang tua dalam pengembangan kualitas diri anak.

Kegiatan ketiga diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan berlangsung pada Kamis. 12 Desember 2019. Pada seminar ini, pemateri dosen dari Jurusan PLS UNP adalah Dr. Tasril Bartin M.Pd, dan dari Jurusan PLS UNY adalah Dr. Fuji Anty Fauziah M.Pd. Selain pemateri dari unsur dosen, kedua lembaga juga diwakili narasumber dari unsur mahasiswa. Sebagai perwakilan delegasi dari Jurusan PLS UNY adalah Sri Sundari, Windia Andani (TA. 2018) sebagai perwakilan dari Jurusan PLS UNP. Tema yang disajikan oleh para narasumber mahasiswa dan dosen adalah penguatan lembaga pelatihan melalui kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) dalam pemberdayaan masyarakat. Kesimpulan seminar ini adalah pentingnya kerjasama DU/DI dalam praktik pengelolaan LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan).

Sebagai kegiatan terakhir, dilaksanakan seminar keempat bertema “Eksistensi Pendidikan Nonformal melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Social Enterpreneurship" yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan berlangsung pada Jumat, 13 Desember 2019. Pada kegiatan terakhir ini, pemateri dari Jurusan PLS UNP adalah Alim Harun Pamungkas M.Pd. (dosen) dan Hafid Abdul Tamsil (mahasiswa TA. 2018), sedangkan narasumber dari Jurusan PLS UNNES adalah Dr. Tri Suminar, M.Pd., dan Rana Indah Setiawati (mahasiswa TA. 2019). Kesimpulan dari seminar ini adalah bahwa sebagai calon tenaga PLS, para mahasiswa perlu merumuskan sebuah formula agar dapat menyelenggarakan praktik pembelajaran yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat (AHP/HAT/2019).Kegiatan ketiga diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan berlangsung pada Kamis. 12 Desember 2019. Pada seminar ini, pemateri dosen dari Jurusan PLS UNP adalah Dr. Tasril Bartin M.Pd, dan dari Jurusan PLS UNY adalah Dr. Fuji Anty Fauziah M.Pd. Selain pemateri dari unsur dosen, kedua lembaga juga diwakili narasumber dari unsur mahasiswa. Sebagai perwakilan delegasi dari Jurusan PLS UNY adalah Sri Sundari, Windia Andani (TA. 2018) sebagai perwakilan dari Jurusan PLS UNP. Tema yang disajikan oleh para narasumber mahasiswa dan dosen adalah penguatan lembaga pelatihan melalui kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) dalam pemberdayaan masyarakat. Kesimpulan seminar ini adalah pentingnya kerjasama DU/DI dalam praktik pengelolaan LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan).