• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Persuassion Festival "P-Fest" Festival Media Persuasi Pendidikan Nonformal dan Peresmian Laman (website) Jurusan PLS


Persuassion Festival "P-Fest" Festival Media Persuasi Pendidikan Nonformal dan Peresmian Laman (website) Jurusan PLS

By : Zekri Date : 2019-12-26 18:02:10

P-Fest merupakan inovasi dari festival sebelumnya yang digelar pada 2018. ICT-Fest 2018 hadir sebelumnya dengan hanya menekankan pada aspek pemanfaatan teknologi dan informasi pada bidang ke-PLS-an. Sedangkan pada P-Fest 2019, penyelenggaraannya adalah lebih menekankan pada muatan  motivasi dan persuasi dari setiap karya media. P-Fest 2019 memilih tema “Langkah Baru Generasi Milenial Aktif dan Inovatif’. Sebagai ajang unjuk kreativitas mahasiswa, P-Fest melombakan lima belas karya video yang merupakan hasil karya mahasiswa peserta Matakuliah Motivasi dan Persuasi. Matakuliah ini disajikan pada semester ganjil, yang dipandu Drs. Wisroni, M.Pd. dan Alim Harun Pamungkas, M.Pd. 

Selain tampilan karya media video yang dilombakan, P-Fest 2019 juga menyelenggarakan peresmian laman (website) Jurusan PLS. Laman ini merupakan hasil kreasi mahasiswa TA. 2018 peserta Matakuliah Motivasi dan Persuasi.

P-Fest 2019 berlangsung sejak pukul 07.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB di Aula Utama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Dimulai dari persemian acara, website launching, penampilan video karya, hingga penampilan karya seni kreativitas lain dari mahasiswa PLS lintas angkatan.

P-Fest 2019 menjadi menarik karena keterlibatan mitra yang tak saja berasal dari lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP), namun juga dari lembaga di luar UNP. Salah satunya adalah Dewan Juri yang berasal dari TVRI Sumatera Barat, Padang TV, SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang, Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni UNP, dan Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNP.

Sebagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan PLS, dukungan intraunit seperti Penerbit Jurusan PLS, SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan PLS tampak dalam keberhasilan penyelenggaraan, utamanya dalam publikasi dan menjaring keterlibatan mahasiswa lintas angkatan.

Melalui P-Fest 2019, harapannya adalah agar mahasiswa dapat mempraktikkan kemampuan komunikasi persuasif melalui pemanfaatan media berbasis digital kepada masyarakat. Selain itu, dapat menjadikan festival ini sebagai ajang latihan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan pembelajaran nonformal bertipe informational program. Hal ini penting, sebab mahasiswa PLS adalah kader penyelenggara pendidikan agar terwujudnya individu dan masyarakat belajar (NF/AHP-2019).

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP