• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Workshop Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan/Pangkat Dosen di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP


Workshop Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan/Pangkat Dosen di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP

By : Zekri Date : 2020-03-17 10:32:38

Sebagai upaya pemenuhan capaian target jabatan akademik dosen, Fakultas Ilmu Pendidikan UNP menyelenggarakan Workshop Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan/Pangkat Dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat, 13 Maret 2020 bertempat di Ruang Sidang FIP lantai 2 dengan narasumber Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen (TPJA) UNP Prof. Dr. Hermawati Syarif, M.Hum dan Prof. Dr Minda Azhar, M.Si.

Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd didamping Wakil Dekan I FIP UNP, Dr. Hadiyanto, M.Ed dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa dari jumlah total dosen FIP UNP prosentase yang memiliki jab professor/Guru Besar dan Lektor Kepala masih belummencukupi dikarenakan adanya dosen yang pensiun, meninggal dunia, dan alasan lain. Untuk itu, telah diidentifikasi para dosen yang memiliki potensi untuk meningkatkan karirnya secara bertahap dalam jangka waktu pendek. Ditekankan pula kepada para tim PJA fakultas agar dapat membantu secara maksimal para dosen yang mengajukan usul kenaikan jabatan/pangkat. Lebih lanjut FIP bersyukur di tahun 2020 FIP UNP mendapatkan tambahan professor/GuruBesar sebanyak 1 orang. Di akhir sambutannya, dekan berharap dengan adanya Workshop Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan/Pangkat Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UNP dapat bermanfaat untuk mendorong para dosen di lingkungan FIP UNP agar segera melangkah meningkatkan karirnya.

Diantara paparan materi adalah tentang prosedur penilaian pusat, kriteria karya ilmiah yang berkualitas yang berpotensi bernilai tinggi, karya cipta, rancang bangun, dan bentuk lainnya yang setara jurnal bereputasi/internasional, prosedur pengusulan kenaikan pangkat. Lebih lanjut narasumber menyatakan bahwa dalam Pedoman Operasional (PO) 2020 terdapat banyak perubahan sebagai dasar penilaian. Di sela-sela penyampaian materi beliau memberi arahan, agar pimpinan Fakultas harus memberi dorongan kepada para dosennya untuk proyeksi percepatan menjadi profesor/Guru Besar, Lektor Kepala, Lektor, juga CPNS/dosen baru agar segera menjadi Asisten Ahli.

Tentang faktor penyebab usulan belum diterima pada umumnya adalah karena syarat khusus tidak/belum terpenuhi, karya plagiasi. Selanjutnya penjelasan lebih dalam pada mekanisme penyusunan sampai dengan penerbitan jurnal yang baik (dinilai dari berbagai aspek), tip dan trik penilaian artikel internasional,  menekankan kepada para peserta agar waspada dan hati-hati saat melakukan submit/publish karyanya.

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP