• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

FGD prodi S1 BK FIP UNP (Persiapan sertifikasi Internasional AUN-QA)


FGD prodi S1 BK FIP UNP (Persiapan sertifikasi Internasional AUN-QA)

By : Zekri Date : 2020-07-20 16:54:54

Dalam rangka persiapan sertifikasi Internasional Asean University Network Quality Assurance (AUNQA) prodi S1 Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pengembangam Kurikulum.

Kegiatan FGD berlangsung pada Kamis, 16 Juli 2020 melalui Video Conference Zoom Cloud Meeting.

FGD dihadiri oleh para Alumni BK FIP UNP lintas generasi dan sektoral, baik alumni dan undangan yang sudah menjadi pejabat struktural di pemerintahan (Pengadilan Negeri Tj Pati, Kemenag di Sumbar dan Bengkulu, BKKBN dan instansi lain).

Kemudian para alumni yang masih aktif sebagai guru BK/Konselor di berbagai Sekolah di Sumatera Barat,Riau, Jambi, Bengkulu, DKI, Yogyakarta dan Provinsi lain yang tersebar di Indonesia.

Dalam paparannya, Ketua Jurusan BK FIP UNP, Prof. Dr. Firman, M.S. Kons menjelaskan bahwa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang selalu mendapatkan akreditasi A sejak awal, prodi S1 BK secara berkesinambungan selalu peka terhadap kemajuan zaman termasuk dalam kaitannya dengan perubahan kurikulum menghadapi revolusi industri 4.0.

Prof. Firman juga menjelaskan tuntutan akan hadirnya lulusan BK juga menjadi bertambah seiring diberlakukannnya kurikulum merdeka belajar dan sertifikasi internasional.

Pelaksanaan FGD ini sangat antusias diikuti oleh para Alumni dan para peserta. Ketika dihubungi oleh wartawan, salah satu peserta, Editiawarman, S. Pd. Yang juga saat ini menjabat Sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dilakukan karena dapat menjaring kondisi real di lapangan untuk menyiapkan para lulusan BK yang semakin handal dan kompetitif.

Salah satu alumni lainnya, Alkindi, S. Pd, yang saat ini menjadi Guru BK di SMP Alittihad Pekanbaru juga menyampaikan hal yang sama untuk perubahan kurikulum S1 BK ke depan.

Dr. Afdal, M. Pd. Kons selaku Sekretaris Jurusan BK juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, S1 BK FIP UNP juga akan divisitasi oleh Asesor Sertifikasi AUNQA sehingga nantinya memperoleh Sertifikasi Internasional, sama halnya dengan 4 prodi lain di UNP yang sudah terlebih dahulu memperoleh sertifikat Internasional.

Dr. Afdal, M. Pd. Kons juga menjelaskan jika nanti tersertifikasi internasional AUNQA, maka prodi S1 BK FIP UNP menjadi prodi BK pertama d Indonesia yang memperoleh sertifikat dimaksud. Saat ini, tim sedang melakukan berbagai upaya untuk mempersiapak visitasi dimaksud.

Atas dukungan pimpinan UNP dan FIP serta jajaran dosen lainnya, prodi S1 BK FIP UNP sedang mempersiapkan sarana prasarana laboratorium berstandar Internasional.

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP