• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Workshop Penulisan Artikel Nasional/ Internasional Bereputasi FIP UNP 2020


Workshop Penulisan Artikel Nasional/ Internasional Bereputasi FIP UNP 2020

By : Nurul Date : 2020-12-11 07:48:20

Padang - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Bidang akademik mengadakan workshop daring penulisan artikel jurnal bereputasi bagi lektor/magister FIP UNP. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu sabtu 29 juni dan 6 juli 2020, secara virtual melalui aplikasi Zoom. Workshop penulisan artikel ini diikuti oleh 30 dosen dengan jabatan lektor / magister FIP UNP. Pada kesempatan ini, Rektor UNP Prof. Drs. H. Ganefri M.Pd., Ph.D. membuka acara dengan mengapresiasi pelaksanaan workshop ini. Beliau berharap kegiatan ini, akan membantu meningkatkan jumlah publikasi yang dibuat oleh civitas akademika Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. Penjelasan lebih lanjut juga dikemukakan, bahwa kegiatan ini bisa menjadi acuan bagi fakultas lain, untuk mengajak dosen-dosen ataupun civitas akademika untuk menulis artikel yang bisa diterbitkan pada jurnal bereputasi. Harapannya minimal setiap dosen menghasilkan satu publikasi jurnal nasional maupun internasional setiap tahunnya.

Dekan FIP UNP, Prof Dr. Rusdinal, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan coaching penulisan artikel kedua yang dilaksanakan oleh FIP tahun 2020. Kegiatan pertama, merupakan choaching clinic untuk lektor kepala / doktor yang diikuti oleh sebanyak 12 orang untuk mendorong mereka mengajukan pangkat ke Guru Besar. Dalam sambutannya beliau juga menjelaskan dari 12 orang tersebut, tahun 2020 ini telah terbit sebagian artikel pada jurnal internasional bereputasi. Harapannya pada kegiatan kedua ini, dosen-dosen yang mengikuti workshop penulisan artikel ini juga mampu menerbitkan artikel pada jurnal internasional bereputasi.

Pada kesempatan lain, Wakil dekan 1, Dr. Hadiyanto, M.Ed menjelaskan bahwa  workshop ini dilaksanakan secara on dan off, dipandu oleh empat pemateri. Pelaksanaan kegiatan on dilaksanakan dua hari, yaitu hari pertama dan hari ke tujuh. Sedangkan pelaksanaan kegiatan secara off diberikan waktu jeda 1 minggu, antara hari pertama dan hari ketujuh untuk peserta workshop mampu menyelesaikan artikelnya. Pelaksanaan secara on, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dengan di pandu oleh 4 pemateri.

Pemateri utama dalam kegiatan ini adalah Dr. Kristiawan, M.Pd, beliau merupakan dosen Program Studi Doktor Pendidikan, Universitas Bengkulu. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan submit artikel ilmiah ke jurnal internasional itu merupakan pengalaman yang exited apalagi jika artikel tersebut di-Accept oleh editor. Beliau juga menekankan untuk seluruh dosen FIP UNP bisa tembus jurnal artikel terindeks scopus. Beliau juga menjelaskan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan agar artikel tersebut bisa tembus scopus.

Peserta workshop penulisan artikel sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya terkait pemaparan materi dari narasumber. Setelah dilakukannya pemaparan oleh pemateri utama, peserta pelatihan dibagi menjadi 4 (empat) kelompok. Masing-masing kelompok dipandu oleh satu orang pemateri. Kelompok 1 berjumlah 7 orang peserta, dipandu oleh Dr. Kristiawan, M.Pd. Kelompok 2 berjumlah 7 orang peserta, yang dipandu oleh Dr. Krismadinata, ST, MT, P.hD. Kelompok 3 berjumlah 7 orang yang dipandu oleh Yohandri, M.Si, P.hD. Terakhir, kelompok 4 berjumlah 8 orang peserta yang dipandu oleh Abror, S.E, M.E, P.hD. Pada kegiatan hari kedua on, 6 juli 2020 masing-masing peserta workshop memaparkan artikelnya. Artikel tersebut dibahas secara bersama oleh pemateri. (NH)

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP