• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Tandatangani MoU dengan Radio Edukasi Kemendikbud


Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Tandatangani MoU dengan Radio Edukasi Kemendikbud

By : dedi Date : 2020-12-16 14:23:33

Padang – Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) merupakan jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP yang salah satunya fokus pada pengembangan media dan sumber belajar baik berupa audio, video, teks, maupun multimedia. Untuk meningkatkan eksistensi dan pengalaman mahasiswa dan lulusan, maka pimpinan jurusan KTP mengadakan kerjasama dengan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK). Hal ini terealisasi dalam bentuk penandatanganan surat kerjasama yang dilakukan di Ruang Sidang Senat FIP yang dihadiri oleh Wakil Dekan 1 FIP, Dr. Hadiyanto, M.Ed, dosen-dosen Jurusan KTP, Pengurus Radio TP 107.8 FM dan juga mahasiswa yang akan magang di Radio Edukasi Kemendikbud, Selasa (15/12). Ada dua jenis kerjasama yang disepakati, yaitu pengiriman mahasiswa KTP untuk melakukan kegiatan pemagangan ke Radio Edukasi Kemdibud yang berlokasi di Yogyakarta dan juga penyiaran bahan siar pendidikan milik Radio Edukasi Kemdikbud di Radio Teknologi Pendidikan 107.8 FM. Saat libur semester Juli-Desember 2020 nanti, akan ada empat mahasiswa TP TM 2017 yang akan magang di Radio Kemdikbud, yaitu: Novita Sari, Ninda Krismina, Atika Utami, dan Noni Mardita.

Ketua Jurusan KTP, Dr. Abna Hidayati mengungkapkan bahwa kerjasama ini dibuat selain untuk memenuhi target Indikator Kinerja Utama (IKU) instansi, tetapi juga untuk memperluas peluang bagi mahasiswa KTP agar dapat merasakan pengalaman berkegiatan langsung pada bidang-bidang yang relevan dengan Teknologi Pendidikan. “Mahasiswa TP harus banyak mendapatkan pengalaman di lapangan sesuai dengan apa yang telah mereka pelajari di dalam kelas,” Ujarnya, Selasa (15/12). Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Dekan 1 FIP, Dr. Hadiyanto M.Ed., mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Jurusan KTP, yang tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan jurusan, tetapi juga fakultas. “Dengan inovasi, dukungan, semangat dan momentum yang ada, bisa membuat FIP menjadi lebih baik,” katanya di saat memberi sambutan, Selasa (15/12). WD1 berharap, ke depannya, Radio TP dapat menyebarkan informasi-informasi untuk mahasiswa di tingkat fakultas dan juga dapat menghadirkan program-program siaran dalam dua bahasa. “Saya percaya, dengan kreatifitas anak muda, siaran-siaran tersebut dapat dikemas dengan cara yang bagus sehingga menjadi enak didengar.” Ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari Radio Edukasi Kemdikbud, Innayah, S.Sos., selaku Pengelola TV dan Radio di BPMRPK menyambut baik niatan Jurusan KTP untuk menjalin kerjasama dengan pihak BPMRPK untuk pertama kalinya. Ia menjelaskan, BPMRPK merupakan salah satu Unit Pelaksana Tugas (UPT) dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sebelumnya bernama Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom). Di Radio Edukasi BPMRPK, ada dua jenis model program yang dikembangkan, yaitu model media siar berbasis kurikulum untuk pembelajaran klasikal dari tingkat Anak Usia Dini hingga Sekolah Menengah Atas, Kejurusan dan Sekolah Luar Biasa. Model lainnya adalah bahan siar pendidikan yang diperuntukkan kepada pendengar dari kalangan masyarakat umum. Pada masa pandemi, Radio Edukasi BPMRPK menjadi satu dari beberapa sumber belajar yang disediakan oleh Kemendikbud sesuai dengan Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Innayah menambahkan selama masa pemagangan, mahasiswa juga terlibat menjadi tim radio dan mempraktekkan secara langsung cara merancang program siar, mulai dari menulis naskah, memproduksi materi siar, dan menjadi penyiar atau reporter di Radio Edukasi Kemendikbud. “Apapun yang ingin dipelajari oleh mahasiswa magang, kami siap membantu,” katanya, Selasa (15/12). DS

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP