• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Kemenag Sumbar Apresiasi Pelaksanaan Subuh Mubarakah FIP UNP


Kemenag Sumbar Apresiasi Pelaksanaan Subuh Mubarakah FIP UNP

By : dedi Date : 2021-04-06 14:41:38

Padang - Universitas Negeri Padang menggelar program Subuh Mubarakah usai Salat Subuh di hari Jumat tiap minggunya. Awalnya, Subuh Mubarakah merupakan agenda yang dilaksanakan secara langsung di Mesjid Al-Azhar UNP diawali dengan melakukan Salat Subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah singkat dari ustadz yang diundang, tetapi sejak merebaknya virus Covid-19, kegiatan ceramah diadakan secara online menggunakan media konferensi video Zoom.

Jumat lalu (2/4), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNP bertanggungjawab untuk menjadi pelaksana kegiatan Subuh Mubarokah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 1000 hadirin dari jajaran pimpinan UNP, dekan dan wakil dekan selingkungan UNP, dosen dan tenaga kependidikan, pembimbing ormawa, serta mahasiswa FIP. Dalam sambutannya, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., memberikan sambutan yang positif kepada pimpinan FIP karena dapat menghadirkan lebih dari 1000 jamaah di media Zoom dan live streaming Youtube. “Semoga kehadiran dalam Subuh Mubarokah ini menjadi berkah bagi kita semua.” Ujar Prof. Ganefri, Ph.D, Jumat (2/4).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri, S.Ag., M.Pd., yang menjadi penceramah pada kegiatan tersebut juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas upaya yang ditunjukkan oleh sivitas akademika UNP untuk hadir pada agenda itu. Ia pun menawarkan penghargaan kepada tiga program studi (prodi) di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP dengan amaah (mahasiswa) terbanyak yang hadir pada Subuh Mubarokah tersebut. Hal ini direalisasikan pada upacara apel pagi yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Senin (5/4). Wakil Dekan III FIP UNP beserta beberapa pembimbing organisasi mahasiswa dan perwakilan dari tiga Himpunan Mahasiswa Jurusan di FIP, yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini, dan Teknologi Pendidikan diundang untuk menerima penghargaan tersebut. Masing-masing prodi mendapatkan dana pembinaan organisasi mahasiwa sejumlah Rp.3.500.000-, untuk prodi PGSD sebagai prodi dengan jumlah hadirin terbanyak, Rp.2.500.000,- dan Rp.1.500.000 untuk Prodi PG-PAUD dan TP. Penyerahan hadiah tersebut juga disaksikan oleh puluhan pegawai Kanwil Kemenag yang mengikuti apel pagi saat itu.

Dalam pidato singkatnya, H. Hendri, S.Ag., M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan subuh mubarakah merupakan agenda yang sejalan dengan dengan salah satu visi dan misi dari Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. “UNP merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera Barat yang mengadakan Subuh Mubarakah.” Ujarnya, Senin (5/4). Untuk itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat memberikan penghargaan dan bantuan dana untuk tiga prodi dengan jamaah terbanyak dengan harapan dapat meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif lainnya. DD/FIP

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP