• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP Gelar Kuliah Umum untuk Mahasiswa


Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP Gelar Kuliah Umum untuk Mahasiswa

By : dedi Date : 2021-05-09 16:41:22

Padang - Sebagai Program Studi (Prodi) yang salah satunya fokus pada pengembangan produk pembelajaran, Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP melaksanakan Kuliah Umum dengan tema “Urgensi Penelitian Pengembangan dalam Teknologi Pendidikan”, Jumat (7/5). Kegiatan yang digelar secara daring melalui media Zoom Meeting ini menghadirkan Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd., Dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai narasumber. Selain diikuti oleh dosen-dosen dari Prodi TP FIP UNP dan dibuka oleh Dekan FIP yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Prof. Dr. Hadiyanto, M.Ed., acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 350 mahasiswa TP FIP UNP dari angkatan 2017 hingga 2021.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi TP FIP UNP menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah ini memberikan pengetahuan dan membuka pandangan mahasiswa TP FIP UNP tentang pentingnya memahami prosedur penelitian pengembangan dalam menghasilkan media pembelajaran yang baik.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 Prof. Hadiyanto, M.Ed., ketika membuka acara secara resmi mengungkapkan sambutan yang positif terhadap langkah proaktif yang dilakukan oleh Prodi TP untuk mengadakan kuliah umum tersebut dalam upaya untuk “menggiring” mahasiswa dalam melakukan penelitian pengembangan. “Mudah-mudahan nantinya acara ini tidak hanya berbicara soal urgensi saja, tapi lebih ke tahap action di tataran mahasiswa dan dosen, dan program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.” Ucap Prof. Hadiyanto, Jumat (7/5). Berkat kemajuan teknologi, menurut Prof. Hadiyanto, Prodi dapat dengan mudah untuk menghadirkan narasumber dari luar kampus, yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan.

Dalam paparan materinya, Dr. Henry Praherdhiono, M.Si., menyebutkan bahwa seorang mahasiswa Teknologi Pendidikan harus menjadi founder yang mampu menemukan problematika yang ada di dalam kegiatan pembelajaran. Sebagai contoh, Dr. Henri mengajukan sebuah permasalahan mahasiswa dalam menemukan jurnal terindeks  secara internasional. “Hal inilah yang salah satunya disebut sebagai pengembangan, yang merupakan satu solusi berupa produk dari apa yang ingin dicapai,” ujarnya, Jumat (7/5). Lebih lanjut, Dr. Henri juga menjelaskan bahwa profesi lulusan TP adalah menjadi Pengembang Teknologi Pembelajaran yang dapat bekerja di berbagai instansi dan berwiraswasta dengan mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat. "itulah kenapa pengembangan itu penting bagi mahasiswa TP untuk menciptakan peluang berwirausaha." Katanya, Jumat (7/5).

Program kuliah umum merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Prodi TP FIP UNP pada 2021. Hal ini memunculkan antusiasme mahasiswa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Seperti yang dikatakan oleh beberapa mahasiswa TP FIP UNP angkatan 2020, yaitu Alimah Tussadiyah, Muhammad Fakhrul Rozi, dan Neta Febriani. Mereka menilai acara tersebut sangat menarik, bermanfaat dan membuka wawasan dan pengetahuan mengenai penelitian ilmiah dan produk pembelajaran yang dihasilkan. Rozi mengungkapkan bahwa dengan adanya kuliah umum ini, ia mengetahui bagaimana mencipatakan dan memanfaatkan pengetahuan dapat menjadi produk yang dapat digunakan oleh masyarakat luas, terutama dunia pendidikan. “Kita harus cepat tanggap dalam menganalisa problematika yang terjadi di dunia pendidikan, dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan.” Ujarnya, Kamis (7/5). Senada dengan ungkapan tersebut, Neta menyadari tentang bagaimana seharusnya mahasiswa TP dapat menggunakan teknologi untuk mengembangkan sesuatu yang baru dan dapat membantu proses pembelajaran. Tidak hanya itu, lanjut Neta, mahasiswa TP tidak saja dapat mengembangkan produk pembelajaran, tetapi juga harus bisa mengevaluasi produk-produk yang ada sehingga dapat menciptakan produk yang lebih baik dari yang sudah ada. “Semoga acara seperti ini dapat diadakan kembali karena memberikan pengetahuan baru dan memacu semangat untuk mengasah keterampilan yang dimiliki.” Kata Neta, Kamis (7/5). DS

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP