• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Jurusan Psikologi FIP UNP Mendukung Penuh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.


Jurusan Psikologi FIP UNP Mendukung Penuh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

By : Amin Date : 2021-05-17 15:00:40

Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang memberikan dukungan penuh terhadap program merdeka belajar kampus merdeka sebagai upaya untuk memberikan dampak untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dukungan tersebut diselarakan dengan keseriusan Jurusan Psikologi FIP UNP mengajukan proposal Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam surat tawaran nomor 0809/E2/KR/2021 pada tanggal 23 Februari 2021.

Jurusan Psikologi FIP UNP menjadi salahsatu dari 6 prodi yang berhasil lolos menerima bantuan kerjasama tersebut dan menjadi satu-satunya perwakilan Fakultas Ilmu Pendidikan. Tim yang dipimpin langsung oleh Dr. Farah Aulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku ketua Jurusan Psikologi FIP UNP mengajukan kegiatan Pengembangan kurikulum program studi (perencanaan, proses, penilaian, dan evaluasi pembelajaran serta mekanisme prosedur konversi, dan penjamin mutu berdasarkan panduan MBKM). Lebih jauh lagi jurusan Psikologi FIP UNP juga melakukan penyusunan model kerja sama kurikulum antara Prodi dengan mitra Prodi yang sama pada PT yang berbeda dan lembaga Non-PT.

Dr. Farah Aulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan bahwa terdapat tiga implementasi kurikulum Merdeka Belajar jurusan Psikologi FIP UNP kedepannya, antara lain:

Kegiatan pertukaran pelajar

Hal ini dilakukan agar mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman pembelajaran diluar kampus pada Prodi yang sama agar mendapatkan transfer ilmu pengetahuan, kemampuan berpikir kritis, pemcahan masalah, komunikasi dan kreativitas yang dimiliki lebih meningkat sehingga pencapaian kompetensi 8 lulusan yang diharapkan terpenuhi.

Kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan

Kegiatan ini penting diwujudkan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan profesionalitas sebagai tenaga kerja di bidang pendidikan, mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman langsung melalui kegiatan asistensi mengajar di satuan pendidikan. Selain itu, kegiatan asistensi mengajar ini juga menfasilitasi mahasiwa untuk mengaplikasikan konsep dan teori Psikologi Pendidikan dalam setting aktual di satuan pendidikan

Kegiatan Magang

Rasionalisasi kegiatan ini dilakukan adalah untuk melakukan sinkronisasi tentang ilmu pengetahuan yang  didapatkan di ruang kelas dan meningkatkan profesionalisme, mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja melalui kegiatan magang. Kegiatan magang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan tercapainya keterampilan kerja khusus yang meliputi kemampuan asesmen psikologi, pengukuran psikologis, pemecahan masalah psikologis, intervensi psikologis serta implementasi etika psikologi dalam rangka pengembangan diri dan persiapan karir bagi lulusan. Selain memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran langsung (experiential learning), program magang juga berpeluang memberikan masukan pada pengembangan bahan ajar dan topik pembelajaran yang relevan dan mutakhir dengan perkembangan dunia kerja bagi lulusan serta memperluas kerjasama Prodi dengan mitra.

Kedepan harapannya akan terjadi sebuah pengalaman baru yang akan dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Psikologi FIP UNP yang tentunya akan bermuara pada mutu yang berkualitas dan kompetensi yang mumpuni. Semoga Kurikulum Meredeka Belajar Kampus Merdeka ini berjalan efektif dan menjadi sebuah terobosan baru untuk sistem pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi. AA

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP