Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP Beri Pelatihan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa


Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP Beri Pelatihan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

By : Tata Date : 2021-06-20 14:19:16

Padang – Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP  menggelar pelatihan Bahasa inggris secara daring selama 16 kali pertemuan bagi mahasiswa PLB semester lima. Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung visi universitas, fakultas dan jurusan  agar lulusan PLB nantinya dapat memiliki daya saing di tingkat internasional. Ketika membuka pelatihan, Ketua Jurusan PLB, Ibu Dr. Nurhastuti, M. Pd menekankan bahwa Bahasa inggris merupakan salah satu modal mahasiswa untuk dapat memiliki daya saing diranah internasional nantinya, Senin (26/4).

“Saya menyetujui adanya pelatihan ini, karena untuk memperoleh ilmu yang aktual tentu sumber yang dibaca mahasiswa tidak hanya sumber dari nasional, namun juga sumber dari artikel internasional. Untuk dapat menyebarluaskan ilmu yang didapat, tidak hanya disebarkan dalam kancah nasional, namun juga dapat dipresentasikan di seminar internasional. Untuk mendukung hal-hal tersebut, maka mahasiswa harus mampu menguasai Bahasa inggris walaupun masih secara pasif”, kata Ketua Jurusan PLB, Ibu. Dr. Nurhastuti,  M.Pd, Senin (26/4)

Beliau juga melanjutkan bahwa, selain tujuan jangka panjang tersebut, Universitas Negeri Padang sendiri sudah menuntut lulusan UNP untuk dapat memiliki skor TOEFL diatas 400. Hal tersebut, menuntut mahasiswa harus mampu dan familiar dengan tipe-tipe soal TOEFL dan mengerjakannya. 

Jurusan PLB FIP UNP, mengadakan pelatihan Bahasa inggris tersebut dengan masing-masing pertemuan dilakukan selama satu setengah jam hingga dua jam. Pelatihan bahasa inggris ini  memiliki dua fokus pelatihan yaitu membantu mahasiswa untuk mampu membaca, menulis dan memahami artikel jurnal internasional serta mengenal tipe-tipe soal TOEFL dan cara mengerjakannya. 

“Memahami artikel jurnal penting bagi mahasiswa saat ini karena saat ini semua referensi terbaru ada pada artikel jurnal. Masih banyak mahasiswa yang tidak familiar dengan kosa kata terkait dunia Pendidikan luar biasa saat membaca artikel jurnal internasional sehingga salah memahami isi artikelnya”, kata Grahita Kusumastuti, M. Pd, salah seorang pengajar pelatihan. Selanjutnya Grahita juga mengatakan bahwa mengenalkan tipe soal TOEFL juga dapat membantu mahasiswa terbiasa dengan tipe soal-soal TOEFL sehingga saat tes nantinya, mahasiswa telah memiliki tips pengerjaan soal TOEFL yang efektif. 

Pelatihan bahasa inggris ini memiliki konsep pembelajaran interaktif dimana mahasiswa juga dapat memilih topik materi yang ingin dipelajari. Misalkan, mahasiswa kesulitan dalam membaca suatu artikel jurnal, mahasiswa dapat membahasnya bersama-sama dalam pelatihan bersama pengajar dan teman-teman lainnya. Model pembelajaran seperti ini diharapkan tidak membebani mahasiswa sehingga lebih enjoy dalam mempelajari bahasa Inggris dan dapat membantu m lulusan yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. (Ge)

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP