PLS FIP UNP Adakan Visiting Lecture dari Srinakharinwirot University Thailand


PLS FIP UNP Adakan Visiting Lecture dari Srinakharinwirot University Thailand

By : Nurul Date : 2021-06-21 23:37:44

Jurusan PLS FIP UNP melakukan kegiatan “Visiting Lecture” dengan Srinakharinwirot University Thailand. Visiting lecture ini dilaksanan dua sesi dengan mengundang pemateri yang sama, yaitu Prof. Dr. Gumpanat Boriboon dari Adult Education and Lifelong Education Departement. Sesi pertama dilaksanakan secara daring, Rabu (18/3). Dihadiri oleh wakil dekan 1 Dr. Hadiyanto, M.Ed. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh jurusan PLS FIP UNP, dan berharap ada hal positif yang didapatkan oleh mahasiswa PLS mengenai pembelajaran Pendidikan orang dewasa di Thailand. Lebih lanjut beliau juga mengungkapkan harapan bahwa akan adanya penandatangan MoA atau MoU dari Jurusan PLS maupun FIP dengan Srinakharinwirot University Thailand.

Materi penyampaian pada sesi pertama ini mengangkat topik "The Role of Higher Education in Promoting Lifelong Learning” Pada sesi pertama program International Webinar of Visiting Professor ini, Assist. Prof. Dr. Gumpanat Boriboon menyampaikan secara umum mengenai praktek Pendidikan sepanjang hayat di Thailand. Sasaran dari Pendidikan sepanjang hayat itu sendiri adalah masyarakat yang tidak melanjutkan studi ke sekolah formal dan masyarakat lanjut usia yang telah mengalami penurunan produktivitas.

Visiting Lecture sesi pertama ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PLS dari Angkatan 2017 sampai Angkatan 2020. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini diungkapkan oleh fauzi pertiwi bahwasannya ia mendapatkan gambaran umum mengenai Pendidikan nonformal di negara lain, serta melakukan ATM (amati, tiru, dan modifikasi) model pembelajaran orang dewasa di Thailand untuk diterapkan di Indonesia.
Meskipun mahasiswa kesulitan dalam memahami Bahasa inggris yang disampaikan oleh pemateri, namun mahasiswa sangat terbantu dengan pemberian materi yang dibagikan oleh Mr. Gumpanat. Hal ini bisa menjadi acuan bagi kami dalam mempraktekkan Pendidikan nonformal di tengah masyarakat, ungkap Nia yan sisni.

Setelah sesi pertama sukses dilaksanakan, Pada sesi kedua visiting lecture mengangkat tema “The Curricula and Certification for Professional Adult Education Programs”.  Sesi kedua ini tidak kalah suksesnya dibandingkan sesi pertama. Diikuti oleh 300-an mahasiswa lintas Angkatan. Jum’at (26/3)

Dalam sambutan Sekretaris Jurusan PLS FIP UNP, Bapak Alim Harun Pamungkas, M.Pd menyampaikan bahwa topik tersebut diangkat dalam rangka melihat perkembangan mengenai lembaga sertifikasi profesi di luar negeri, khususnya Thailand. Selain hal tersebut topik yang diangkat sangat sesuai dengan rencana BNSP agar terciptanya Lembaga-lembaga sertifikasi kompetensi. Untuk di UNP sendiri, telah ada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang didirikan. Beliau menambahkan LSP UNP sendiri telah mengupayakan agar seluruh program studi di UNP mengadakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) sesuai dengan keahlian bidang masing-masing.

Sejauh ini, Jurusan PLS FIP UNP telah mengajukan tiga buah skema ke LSP UNP, yang kemudian akan diteruskan ke BNSP Pusat. Kami dari jurusan Pendidikan luar sekolah sangat berharap skema yang diajukan dapat disetujui sehingga TUK dapat terbentuk di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.NH

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP