Prodi TP ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelola Lembaga dan Pelatihan Kerja


Prodi TP ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Pengelola Lembaga dan Pelatihan Kerja

By : dedi Date : 2021-12-08 11:42:49

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya dosen, Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Skema Pengelolaan Lembaga dan Pelatihan Kerja. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen Prodi TP dan dilaksanakan selama 6 hari dengan variasi online dan offline, dimana senin-selasa (23-24/11) dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang Pascasarjana UNP, senin-selasa (29-30/11) dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Selanjutnya, peserta kegiatan juga akan melaksanakan uji kompetensi yang akan diadakan pada Sabtu-Minggu (3-4/12).

Ketua Prodi TP, Dr. Abna Hidayati, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini juga didasarkan pada pemenuhan tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) Prodi. Pemilihan skema ini pun disesuaikan dengan bidang keahlian, mata kuliah dan profil lulusan Prodi TP, yaitu pengelola dan pengembang pendidikan dan pelatihan. “Kompetensi dan sertifikasi ini memang layak dimiliki oleh dosen TP, karena sesuai dengan profil lulusan profil.” Katanya saat pembukaan acara, Senin (23/11). Lebih lanjut, Dr. Abna mengatakan bahwa program ini bekerjasama dengan lembaga BASS Training Centre and Counsultant, yaitu lembaga yang melakukan uji kompetensi di bidang fasilitator, instruktur dan tenaga kepelatihan. Dr. Abna berharap bahwa setiap dosen di Prodi TP memiliki keahlian di bidang kompetensi masing-masing yang terbukti dengan adanya sertifikat kompetensi.

Saat kegiatan pembukaan, juga turut hadir Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, Prof. Dr. Hadiyanto, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Hadiyanto mengungkapkan apresiasi yang positif terhadap kegiatan yang diadakan oleh Prodi TP. Hal ini sesuai dengan pemenuhan tuntutan IKU Fakultas. “Semakin banyak dosen yang memiliki sertifikat kompetensi, tentu akan meningkatkan kualitas sumber daya dosen di FIP.” Ungkapnya, Senin (23/11). Instruktur yang hadir pada pelatihan kompetensi ini adalah Ahmad Dhani Mardhani, yang menyampaikan materi tentang SKKNI, Pelatihan Makro dan Mikro, menyusun program pelatihan, dan lain-lain.

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP