• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang
  • Call Us : +627517058693
  • RSS

Kuliah Umum Jurusan PG-PAUD FIP UNP dengan Tema


Kuliah Umum Jurusan PG-PAUD FIP UNP dengan Tema

By : Admin PGPAUD Date : 2017-03-09 10:54:51

Jurusan PG-PAUD FIP UNP menyelengaraan kegiatan kuliah umum dengan tema “ Gerakan Literacy Anak Usia Dini ”   pada tanggal 3 Maret 2017 di Aula FIP UNP Lantai 4. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang  (Dr. Alwen Bentri, M. Pd), dan dihadiri oleh Wakil Dekan I FIP UNP (Dr. Hadiyanto, M, Ed), serta Civitas Akademika di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam sambutannya Dekan FIP UNP menyampaikan, kegiatan kuliah umum seperti ini dapat meningkatan wawasan mahasiswa dan menjadi inspirasi mahasiswa dalam menimba ilmu di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Dekan memberikan aspresiasi kepada Jurusan PG-PAUD FIP UNP karena mampu melaksanakan berbagai even yang bermanfaat bagi pengembangan akademik, dan menjadi inspirasi bagi jurusan-jurusan  yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Narasumber pada kegiatan ini Dr. Dewi Utama Faizah pakar Literacy anak dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan  menyampaikan bahwa literacy merupakan suatu gerakan untuk mengoptimalkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas. Strategi literacy di PAUD perlu diperkuat melalui beragam model pembelajaran untuk mempersiapkan generasi literacy dini dimasa yang akan datang. Literacy dini yang perlu dioptimalkan seperti kemampuan menyimak, memahami bahasa lisan, dan berkomunikasi melalui gambar dan tindak tutur yang dipahami dan dibentuk oleh pengalaman pada saat anak berinteraksi dengan lingkungan. Komponen literacy meliputi : Early Literacy, Basic Literacy,  Library Literacy, Media Literacy, Technology Literacy, Visual Literachy.

Dalam kesempatan ini Dr. Dewi Utama Faizah juga menyampaikan bahwa ketika kita selalu teringat dengan memori waktu masih kecil saat seseorang membacakan dongeng, ternyata kegiatan sederhana ini mampu memikat hati anak-anak untuk mendengar, mengingat, dan mengungkapkan isi cerita dengan bahasa sendiri, dan semakin banyak anak mendengar dan mengucapkan kata-kata sesungguhnya itulah harta berharga sebelum masuk sekolah. Pengalaman tersebut merupakan bentuk kelebatan Literacy saat usia dini.

Mari kita dukung gerakan Literacy pada Anak Usia Dini, gerakan emas mendatang harus cerdas dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kemajuan zaman. 

 

 

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP