Fakultas Ilmu Pendidikan UNP Gelar Acara Sosialisasi Skema Kompetensi Bersama Ketua BNSP RI

 Post By: Admin FIP     08 May 2024

...

Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Fakultas Ilmu Pendidikan telah menyelenggarakan acara sosialisasi Skema Kompetensi pada hari Rabu, 15 Mei 2024. Acara tersebut mengundang Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia, Pak Syamsi Hari, sebagai pembicara utama. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya Skema Kompetensi dalam dunia pendidikan dan kerja kepada para dosen dan tenaga pendidik di lingkungan UNP.

Pak Syamsi Hari memulai acara dengan memberikan pengantar mengenai konsep dan pentingnya Skema Kompetensi. Beliau menjelaskan bahwa Skema Kompetensi merupakan standar kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk dapat dianggap kompeten dalam bidang tertentu. Skema ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas secara efektif di tempat kerja. Beliau juga menekankan bahwa dalam era globalisasi dan revolusi industri 4.0 ini, tuntutan pasar kerja menjadi semakin dinamis dan kompleks. Oleh karena itu, memiliki sertifikasi kompetensi menjadi sangat penting. Sertifikasi tersebut tidak hanya menjadi bukti pengakuan atas kemampuan individu, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja.

Acara sosialisasi ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para dosen UNP. Dosen dari berbagai program studi hadir dengan antusias dan menyimak setiap penjelasan yang diberikan oleh Pak Syamsi Hari. Mereka terlihat sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, terutama terkait bagaimana Skema Kompetensi dapat diimplementasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran di universitas. Selain presentasi dari Ketua BNSP, acara ini juga memberikan kesempatan bagi para dosen untuk berdiskusi langsung dengan narasumber industri. Diskusi ini menjadi ajang bagi para dosen untuk menggali lebih dalam tentang penerapan Skema Kompetensi di dunia kerja dan bagaimana hal tersebut dapat diterapkan dalam konteks pendidikan tinggi. Narasumber dari Kepala Pusat Sertifikasi Profesi LP3S UNP Bapak Dr. Ir. Mulya Gusman, S.T., M.T. juga hadir untuk berbagi pengalaman dan manfaat yang telah dirasakan dari penerapan Skema Kompetensi dalam karir mereka.

Persiapan Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja, Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah mempersiapkan para dosen agar lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Dengan pemahaman yang baik tentang Skema Kompetensi, diharapkan para dosen dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Pak Syamsi Hari juga menambahkan bahwa kompetensi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan teknis, tetapi juga mencakup soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan pengembangan soft skills dalam proses pembelajaran. Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran akan pentingnya kompetensi di kalangan dosen dan tenaga pendidik. Dengan meningkatnya kesadaran ini, diharapkan para dosen dapat lebih proaktif dalam mengembangkan diri dan menerapkan Skema Kompetensi dalam pengajaran mereka.

Selain itu, UNP juga berencana untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan serupa di masa depan. Hal ini sebagai upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa dosen dan tenaga pendidik selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan dan industri. Sebagai tindak lanjut dari acara ini, Fakultas Ilmu Pendidikan UNP berencana untuk membentuk tim khusus yang akan bertugas mengembangkan dan mengimplementasikan Skema Kompetensi di lingkungan fakultas. Tim ini akan bekerja sama dengan BNSP dan berbagai industri untuk memastikan bahwa skema yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu, UNP juga berencana untuk mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala bagi dosen dan tenaga pendidik. Pelatihan ini akan fokus pada berbagai aspek kompetensi, termasuk pengembangan soft skills, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan metodologi pengajaran yang inovatif.Kerjasama dengan industri menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan Skema Kompetensi di UNP. Pak Syamsi Hari menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri untuk memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Dalam acara tersebut, beberapa perwakilan dari industri juga hadir dan memberikan masukan mengenai keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di tempat kerja. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Acara sosialisasi Skema Kompetensi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNP dengan menghadirkan Ketua BNSP RI, Pak Syamsi Hari, merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UNP. Dengan pemahaman yang baik tentang Skema Kompetensi, para dosen diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks. Langkah ini juga menunjukkan komitmen UNP untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan agar lulusan memiliki daya saing yang tinggi. Dengan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja. Acara ini bukan hanya sekadar sosialisasi, tetapi juga menjadi momentum untuk perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan di UNP. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk BNSP dan industri, UNP optimis dapat terus maju dan menjadi institusi pendidikan yang unggul dan berdaya saing tinggi.

 

Tim Pengelola

Redaktur
   : Dr. Hanif Al Kadri, S.Pd, M.Pd 
Editor
   : Singgih Ginanjar, M.Pd.
Penulis
   : Dr. Miftahul Fikri, M.Pd.

    Shere :