gambar

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Lahirnya Fakultas Ilmu Pendidikan diawali dengan berdirinya PTPG Batu Sangkar (1954-1956), dan periode FKIP UNAND Bukittinggi di Batu Sangkar (1956-1958). Selanjutnya berkembang FKIP UNAND Padang (1958-1964). Pada masa inilah dibuka beberapa jurusan baru termasuk jurusan pembimbingan pendidikan yang menjadi cikal bakal Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1964 sampai 1965 berdirilah IKIP Jakarta cabang Padang, dan didirikan empat fakultas yaitu : (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), (2) Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), (3) Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Sosial (FKIPS), dan (4) Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS). Pada periode tahun 1965-1999 IKIP Jakarta Cabang Padang menjadi lembaga yang berdiri sendiri dengan nama IKIP Padang. Pada tahun 1999 IKIP Padang mendapat perluasan mandat menjadi universitas dengan nama Universitas Negeri Padang (UNP). Selanjunya FIP IKIP Padang juga ikut berubah menjadi FIP UNP berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93/1999 tanggal 24 Agustus 1999.

Pimpinan FKIP dan/atau Fip Semenjak tahun 1961 sampai sekarang, sebagai Berikut :

gambar

Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd

Masa jabatan tahun 2019 Sampai Sekarang

Pada tahun 2019 memiliki delapan program studi S1 dengan rincian tujuh kependidikan, dan satu non kependidikan, tiga program studi S2 dan satu program pendidikan profesi. Program studi S1 Kependidikan yaitu: BK, TP, AIP, PLS, PLB, PGSD dan PG-PAUD. Program studi S1 non kependidikan yaitu Program Studi Psikologi. Program pendidikan profesi yaitu Pendidikan Profesi Konselor. FIP juga memiliki Program S2 yaitu BK, AP, PD, dan PAUD. FIP UNP mempunyai 2 program Doktor (S3) yaitu Program Doktor Bimbingan dan Konseling, Program Doktor Administrasi Pendidikan.

gambar

Dr. Alwen Bentri, M.Pd

Masa jabatan tahun 2015 Sampai 2019

Pada tahun 2015 memiliki tujuh jurusan sama dengan periode sebelumnya dengan delapan program studi S1 dengan rincian tujuh kependidikan, dan satu non kependidikan, tiga program studi S2 dan satu program pendidikan profesi. Program studi S1 Kependidikan yaitu: BK, TP, AIP, PLS, PLB, PGSD dan PG-PAUD. Program studi S1 non kependidikan yaitu Program Studi Psikologi. Program pendidikan profesi yaitu Pendidikan Profesi Konselor. Program S2 yaitu BK, AP, PD dan PAUD. Pada tahun 2016 FIP UNP membuka 2 program Doktor (S3) yaitu Program Doktor Bimbingan dan Konseling, Program Doktor Administrasi Pendidikan.

gambar

Prof. Dr. Firman, M.S, Kons.

Masa jabatan tahun 2007 Sampai 2015

Pada periode kepemimpinan ini tidak lagi membina progran Diploma dua (D2), karena semua program diploma sudah dikembangkan menjadi S1. Pada tahun 2011 Jurusan PGSD dipercaya melaksanakan program S1 PPGT (Program Profesi Guru dengan Kewenangaan Tambahan) yang mahasiswanya berasal dari daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) yaitu Aceh, Papua, dan NTT. Pada tahun 2012 program S2 BK pindah dari Pasca Sarjana (PPS) UNP ke FIP. Tahun 2013 Program Studi S2 Administrasi Pendidikan (AP) pindah pula dari PPS UNP ke FIP. Tahun 2014 pengelolaan Program Studi S2 PD (Pendidikan Dasar) pindah dari PPS UNP ke FIP UNP.

gambar

Prof. Dr. Sufyarma Marsyidin, M.Pd

Masa jabatan tahun 2003 Sampai 2007

Pada periode ini FIP UNP UNP masih membina tujuh jurusan yaitu BK, AIP, PLS, KTP, PGSD, PLB dan PGTK. Pada tahun 2005 dibuka Program studi Psikologi dibawah Jurusan BK, dan Konsentrasi S1 PGSD dibawah Jurusan TP. Pada tahun 2006 dibuka S1 PGSD Berasrama (transfer dari D2 ke S1 sebagai program khusus Dikti), dan tahun 2007 mulai menerima mahasiswa S1 PGSD reguler. Jurusan TP pada tahun 2006 membuka konsentrasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan Jurusan PLS membuka konsentrasi S1 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Tahun 2007 dibuka S1 PG-PAUD sebagai perubahan dari Program D2 PGTK.

Prof. Dr. Nurtain

Masa jabatan tahun 1999 Sampai 2003

Pada Periode ini FIP UNP membina tujuh jurusan yaitu BK, AIP, PLS, KTP, PGSD, PLB dan PGTK.

Prof. Dr. A.Muri Yusuf, M.Pd

Masa jabatan tahun 1996 Sampai 1999

Jurusan yang ada pada periode ini ada tujuah yaitu: BP, AIP, PLS, KTP, PGSD, dan PLB. Pada tahun 1997 dibuka jurusan Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) program Diploma Dua (D2). Pada tahun 1999 dibuka Program Studi PPK (Pendidikan Profesi Konselor) dibawah Jurusan BK.

Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed dari

Masa jabatan tahun 1989 Sampai 1996

Pada periode ini FIP memiliki enam jurusan yaitu ; BP, AIP, PLS, KTP dan pada tahun 1991 dibuka satu jurusan baru yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan program Diploma Dua (D2) yang merupakan integrasi dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan Sekolah Guru Olah Raga (SGO) ke IKIP Padang. Pada tahun 1994/95 Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) juga integrasi ke IKIP Padang menjadi Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Prof. Zahara Idris, M.A

Masa jabatan tahun 1982 Sampai 1989

Pada periode ini (1983) Jurusan PKK pindah ke Fakultas Kejuruan dan Teknik. Pada tahun yang sama dibuka Jurusan Administrasi Pendidikan (AIP) dan Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Jurusan Kependidikan diganti nama menjadi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP). Tahun 1984 Jurusan BP berubah menjadi PPB (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan) dengan dua program studi yaitu Bimbingan dan Penyuluhan dan Psikologi Pendidikan. Program studi Psikologi Pendidikan hanya menerima mahasiswa satu angkatan. Dengan demikian jurusan yang ada di FIP yaitu KTP, BP, AIP, PLS dan Filsafat Sosiologi Pendidikan. Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan hanya menerima mahasiswa dua angkatan yaitu tahun 1983 dan 1984.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd

Masa jabatan tahun 1977 Sampai 1982

Pada periode ini jurusan yang ada di FIP menjadi empat jurusan yaitu: BP, PU, PKK, dan PLS. Selanjutnya jurusan PU berobah nama dengan Didaktik Kurikulum (DK) , dan satu tahun kemudian berobah lagi menjadi Jurusan Kependidikan.

Prof. Zahara Idris, M.A

Masa jabatan tahun 1973 Sampai 1977

Ketika periode ini pada FIP IKIP Padang dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), degan demikian FIP memiliki tiga jurusan yaitu Pendidikan Umum (PU), BP dan PKK. dan perkuliahan diselenggarakan di Kampus Air Tawar.

Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed dari

Masa jabatan tahun 1969 Sampai 1973

Pada periode ini FIP UNP membina jurusan Pendidikan Umum dan Jurusan Guiden and Counseling (GC) dirobah nama menjadi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan (BP). Tempat perkuliahan dipindahkan ke Air Tawar.

Drs. Nasir Haji

Masa jabatan tahun 1961 Sampai 1969

Pada waktu itu jurusan yang ada baru dua jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Umum (PU) dan Jurusan Guiden and Counseling (GC). Gedung perkuliahan didua tempat yaitu di Pondok yaitu simpang empat Kinol dan di Jati yaitu di Fakultas Ekonomi Unand sekarang

"

    Shere :

Tentang

Halaman Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

PENGUMUMAN