Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)

 

Visi

Mewujudkan BEM FIP KM UNP sebagai lembaga yang responsif dan konstruktif terhadap potensi minat, bakat serta intelektual mahasiswa FIP UNP dengan berlandaskan iman dan taqwa.

 

Misi

  1. Membangun internal BEM FIP KM UNP yang KIBAR (Kreatif, Inovatif dan Berkarakter) yang mengedepankan asas kekeluargaan dengan berlandaskan iman dan taqwa.
  2. Menjalin hubungan yang sinergis dan Harmonis antar Ormawa selingkup FIP KM UNP
  3. Memfasilitasi pengembangan minat, bakat serta intelektual mahasiswa FIP UNP guna menciptakan prestasi mahasiswa FIP UNP di kancah universitas, nasional dan internasional.
  4. Mengoptimalkan keterlibatan BEM FIP KM UNP dalam menunjang kebutuhan mahasiswa FIP UNP dengan menampung aspirasi, Inovasi dan kreatifitas mahasiswa FIP UNP.
  5. Memperluas jaringan dengan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang ada, baik internal maupun eksternal.

 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang (BEM FIP KM UNP) merupakan lembaga kemahasiswaan yang berkedudukan di tingkat Fakultas dipimpin oleh seorang Ketua Umum (Gubernur). Masa bakti kepengurusan BEM FIP KM UNP adalah satu tahun (1 tahun).

Tugas Pokok

  1. Mewakili mahasiswa di tingkat fakultas
  2. Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan yang ada di tingkat fakultas
  3. Menjadi media komunikasi antara fakultas dan mahasiswa jurusan serta sebagai lembaga yang responsif dan konstruktif terhadap potensi minat, serta intelektual mahasiswa FIP UNP.
  4. Memberikan pendapat, usul dan saran kepada Direktur terutama yang berkaitan dengan fungsi dan pencapaian tujuan pendidikan nasional
  5. Menyampaikan Aspirasi mahasiswa pada pihak civitas kampus
  6. Menjaga ketertiban dan toleransi antar mahasiswa kampus.
  7. Mewakili dan menaungi Unit Kegiatan Mahasiswa.

Fungsi

  1. Perwakilan untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa FIP.
  2. Perencanaan dan penetapan garis besar program kegiatan kemahasiswaan di tingkat fakultas.
  3. Pengembangan ketrampilan manajemen.

Struktur Organisasi BEM FIP KM UNP ditetapkan dengan surat keputusan BPM FIP KM UNP.

  1. 1. Gubernur BEM FIP KM UNP. Gubernur BEM FIP KM UNP merupakan ketua dari BEM Fakultas yang dipilih secara voting. Tugasnya memimpin dan mengoordinir rapat pengurus, memberi arahan kepada pengurus di bawah kepemimpinan, menentukan kebijakan, serta bertanggung jawab terhadap kepengurusan BEM Fakultas selama satu periode.
  2. Wakil Gubernur. Wakil Gubernur atau biasa didengar sebagai Wagub. Tugasnya sendiri yaitu membantu Gubernur saat berhalangan hadir.
  3. Sekretaris Umum 1. Bertugas memenuhi kebutuhan administrasi, pembenahan dan perawatan inventaris serta melakukan surat menyurat atau pengelolaan data dokumentasi sebaik mungkin.
  4. Sekretaris Umum 2. Membantu sekretaris umum 1 dalam hal surat menyurat.
  5. Bendahara Umum. Bertugas menggali sumber dana, penggunaan dana setiap kegiatan dan melakukan evaluasi serta penyusunan laporan keuangan rutin.

Dalam rangka memperlancar tugas di dalam struktur organisasi, BEM FIP KM UNP dibagi menjadi beberapa bidang dengan koordinator departemen sebagai berikut :

  1. Departemen Penakel. Merupakan program dan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah.
  2. Departemen Minbakraf. Departemen yang bertanggung jawab menjadi media penyalur pengembangan minat, bakat dan kreativitas mahasiswa yang solid, sportif serta unggul dalam seni, olahraga dan minat khusus.
  3. Departemen Kerohanian. Merupakan departemen yang dibentuk dengan tujuan sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan bidang keagamaan dan mendalami dalam semua bidang keagamaan serta dapat menjalin kedekatan dengan semua masyarakat kampus melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.
  4. Departemen Kaderisasi. Departemen yang bergerak di bidang pengkaderan dan pengorganisasian.
  5. Departemen Kastrat. Merupakan departemen yang bergerak di bidang kajian dan startegi. Dengan tujuan mengembangkan daya kritis, daya nalar dan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu nasional maupun internasional.
  6. Departemen Sosmas. Bertujuan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosial untuk kepentingan masyarakat, kerja sama dengan departemen sosial HMD dan BEM Universitas, melakukan seminar atau pelatihan, dan lain-lain.
  7. Departemen Kesekretariatan. Merupakan struktur organisasi yang membantu sekretaris umum 1 dan 2 dalam hal surat menyurat dan inventaris BEM FIP KM UNP.
  8. Departemen Kewirausahaan dan Pemberdayaan Perempuan. Merupakan bagian yang mengurus tentang kewirausahaan dan juga struktur yang fokus akan pemberdayaan perempuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumberdaya, ekonomi, sosial, politik, budaya, agar perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah, sehingga mampu membangun diri dan serta memahami enterpreneurship sebagai solusi cerdas menjadi enterpreneur muda.
  9. Departemen Kominfo. Merupakan salah satu bagian struktur organisasi di BEM yang bertugas untuk menyebarkan informasi pada mahasiswa di kampus, menjalin hubungan baik dengan HMD dan BEM Fakultas serta BEM universitas, menjalin partisipasi aktif para pengurus BEM Fakultas, dan masih banyak tugas lainnya.

Link Instagram BEM FIP: Di sini…

    Shere :

Tentang

Halaman Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

PENGUMUMAN