S1 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Terakreditasi A

...

Sivitas Akademika Program Studi S1 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

 

Visi Program Studi
Visi program Sarjana (S1) PG-PAUD adalah mampu menghasilkan  guru Anak Usia Dini yang berkepribadian luhur, berbudaya, agamais, dan memiliki kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dalam menyelenggarakan pendidikan di TK, RA dan kelompok bermain

 

Misi Program Studi
1) Menyiapkan tenaga pendidik yang profesional pada jenjang pendidikan anak usia dini

2) Mengembangkan kemampuan dasar mahasiswa pada aspek kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional untuk dapat mengembangkan dan  mendidik anak usia dini dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih lanjut.
3) Mengembangkan diri melalui penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu meningkatkan kualitas guru AUD dalam aplikasi IPTEK pada pendidikan anak usia dini.

 

Tujuan Program Studi
1) Menghasilkan sarjana (S1) yang:
a) Memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini di TK sebagai landasan berkarya dan bekal melanjutkan studi.
b) Mampu menyelenggarakan pelayanan dan bimbingan secara
efektif kepada anak usia dini di TK.
c) Memenuhi persyaratan standar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang program magister (S2).
2) Menghasilkan penelitian-penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya bidang pengembangan anak usia dini di TK, yang bermutu, dalam jumlah yang memadai serta mengacu pada pengembangan optimal potensi anak usia dini di TK.

 

Kopetensi Lulusan Program Studi
Kompetensi lulusan S1 PG-PAUD meliputi:
1) Kompetensi Paedagogik, yaitu kemampuan mendidik dan membelajarkan anak usia dini di TK berdasarkan keilmuan pendidikan.
2) Kompetensi Kepribadian, yaitu kemampuan menampilkan pribadi yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan bagi anak usia dini di TK dan peserta didik pada umumnya.
3) Kompetensi Sosial, yaitu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik,
sesama pendidik, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
4) Kompetensi Profesional, yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran dan pengembangan anak usia dini di TK.

Visit Web  

 

 

    Shere :