VISI MISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

A. Visi

Menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan Bermartabat dan Bereputasi Internasional

 

B. Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon pendidik, tenaga kependidikan dan non kependidikan yang berkualitas Internasional.

2. Melaksanakan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni  inovatif dan publikasi global;

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  dalam berbagai bidang pendidikan dan non kependidikan dan  berkontribusi bagi pembangunan;

4. Menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui penulisan karya ilmiah;

5. Menerapkan tata kelola fakultas dan prodi kelas dunia;

6. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

 

C. Tujuan

1. Menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan yang profesional;

2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis inovasi;

3. Berkontribusi dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;

4. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang pendidikan dan non kependidikan;

5. Berkontribusi dalam membangun masyarakat dalam bidang kependidikan dan non kependidikan;

6. Meningkatkan publikasi karya ilmiah yang berkualitas dalam bidang pendidikan dan non kependidikan;

7. Mewujudkan tata kelola fakultas dan Prodi yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil;

8. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, dan internasional;

 

D. Sasaran Strategis

 Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan , maka  dirumuskan sejumlah sasaran strategis yang akan di dicapai   pada tahun 2024. Berikut beberapa sasaran strtegis berdarkan masing masing tujuan:

1. Menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, dan non kependidikan yang profesional, Sasaran strategisnya:

  1.  Tercapainya pembelajaran inovatif berbasis elearning.
  2.  Tersedianya Sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Tersedianya Sumber belajar yang beragam berbasis riset dan perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Strategi Pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  5. Peningkatan Profesinalisme dosen dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  6. Meningkatnya jumlah lulusan yang mempunyai sertifikat kompetensi

2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis inovasi. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya keterlibatan dosen dalam penelitian dari berbagai sumber dana berbasis bidang keilmuan
  2. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen
  3. Meningkatnya kerjasama dalam bidang penelitian dengan berbagai Lembaga terkait
  4. Meningkatnya Jumlah kualitas dan kuantitas penelitian inovatif yang dapat dimanfaatkan masyarakat

3. Berkontribusi dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya keterlibatan dosen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan dan hasil penelitian yang mutaakhir.
  2. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan penelitian
  3. Berkembangnya ilmu Pendidikan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
  4. Meningkatnya Jumlah paten dan HKI dari hasil penelitan yang dimiliki dosen dan mahasiswa

4. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam berbagai bidang pendidikan dan non kependidikan. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat dosen
  2. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarat yang dilakukan dosen
  3. Meningkatnya program kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa

5. Berkontibusi dalam membangun masyarakat dalam bidang kependidikan dan non kependidikan. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya keterlibatan Fakultas Ilmu Pendidikan dalam mengatasi permasalahan masyarakat baik dalam bidang Pendidikan, sosial, dan ekonomi.
  2.  Meningkatnya kesadaran dosen dan mahasiswa dalam membantu pemecahan masalah dan kebutuhan masyarakat akan Pendidikan, sosial, dan ekonomi

6. Menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dalam bidang pendidikan dan non kependidikan. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya jumlah publikasi ilmiah ditingkat regional, nasional, dan internasional,
  2. Meningkatnya jumlah HKI berbasis produk karya ilmiah.

7. Meningkatnya kualitas sumberdaya dalam penulisan ilmiah. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya kompetensi dosen dan mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah dalam bidang Pendidikan dan non kependidikan.
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil karya ilmiah dosen baik dalam bentuk artikel, buku ajar, modul atau buku teks.
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa

8. Mewujudkan tata kelola fakultas dan Prodi yang transparan, akuntabel,bertanggung jawab, dan adil. Sasaran strategisnya:

  1. Meningkatnya kualitas sistem manajemen fakultas dan program studi.
  2. Meningkatnya kualitas sistem manajemen perpustakaan berbasis data.
  3. Meningkatnya Akreditasi Jurnal ilmiah di lingkungan FIP
  4. meningkatnya kualitas sistem pengelolaan, pelaporan keuangan berbasis kinerja.
  5. Mengembangkan website FIP yang komprehensif.
  6. Meningkatkan kualitas sarana, prasarana, sistem, dan manajemen laboratorium masing-masing Prodi.
  7. Terwujudnya sistem monitoring dan evaluasi kinerja fakultas dan Prodi berdasarkan kontrak kinerja.
  8. Pengembangan jurusan Psikologi menjadi fakultas.
  9. Meningkatnya kinerja Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Unit Penjaminan Mutu (UPM)
  10. Meningkatnya akreditasi seluruh prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.
  11. Tersedianya pusat kajian dan layanan unggulan fakultas dan prodi sesuai dengan keilmuan masing-masing.

9. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Sasaran strategisnya:

  1. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai lembaga /stake holder terkait.
  2. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pengelola baik nasional maupun internasional dalam penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Terjalinnya  kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri dalam meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa.
  4. Meningkatnya kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, dunia usaha dan Lembaga terkait dalam perwujudan mardeka belajar.

 

E. Tata Nilai

                     FIP merupakan fakultas yang menghasilkan tenaga pendidikdan non kependidikan. FIP dikembangkan berlandaskan budaya dan tata nilai yang telah disepakati menjadi norma dasar seluruh civitas akademika yakni kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil. Norma dasar civitas akademika merupakan tata nilai dasar sekaligus arah bagi sikap dan perilaku seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas.  Berdasarkan norma dasar ini diharapkan seluruh civitas akademika bertindak dan berperilaku santun dan cerdas dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap mahasiswa dan dan pengguna layanan. Tata nilai juga akan menyatukan hati dan pikiran, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam usaha pemberian pelayanan yang maksimal terhadap mahasiswa. Tata nilai yang dimaksud adalah profesional, kompeten, empati, bermoral, berbudaya dan pedagogis.

Kebijakan Visi Misi FIP UNP 

 

 

    Shere :

Tentang

Halaman Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

PENGUMUMAN