Departemen Bimbingan dan Konseling FIPUNP mengadakan kegiatan pembekalan konseling trauma

 Post By: Admin FIP     04 July 2024

...

Padang, 4 Juli 2024 - Dalam rangka mempersiapkan para konselor dalam menghadapi trauma yang dialami oleh korban bencana banjir lahar dingin di Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (BK FIP UNP) mengadakan kegiatan pembekalan konseling trauma. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2024 di Ruang 408 dan Aula FIP UNP dan dihadiri oleh berbagai peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta praktisi konseling.

 

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan registrasi peserta yang dikoordinir oleh Gusni Dian Suri, M. Pd dan Soeci Izzati Adlya, M. Pd. Dilanjutkan dengan pembukaan resmi oleh MC Lia Mita Syahri, M.Pd., yang juga bertindak sebagai penanggung jawab acara. Kepala Departemen BK FIP UNP, Dr. Zadrian Ardi, M.Pd., Kons., menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi pada pukul 08.41 WIB.
Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Rio Febrian. Pada sesi berikutnya, peserta mengikuti pemaparan dan workshop materi pertama yang mengangkat topik "Psychological First Aid (PFA)" yang dibawakan oleh bapak Untung Rifa'i, M.Pd., Kons. Materi ini dimoderatori oleh Nilma Zola, M.Pd. Workshop ini berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Dalam pemaparannya bapak Untung menjelaskan bahwa Psychological First Aid (PFA) adalah Pertolongan pertama psikologis yang dirancang untuk mengurangi terjadinya gangguan stres pascatrauma.

Setelah itu, pada pukul 15.01 WIB hingga 18.00 WIB, sesi dilanjutkan dengan pemaparan dan workshop materi kedua tentang "Trauma Intervension" dengan teknik terapi Ifdil Perseptual Light Technique (IPLT) yang disampaikan oleh Prof. Ifdil, Ph.D., Kons., dengan Ade Herdian, M.Pd., sebagai moderator. Dalam pemaparannya bapak Ifdil menjelaskan bahwa Ifdil Perseptual Light Technique (IPLT) merupakan sebuah teknik yang melibatkan penggunaan cahaya sebagai alat bantu untuk membantu individu dalam mengatasi masalah psikologis. IPLT berfokus pada bagaimana persepsi seseorang terhadap cahaya dapat mempengaruhi keadaan emosional dan psikologis mereka.

Acara pembekalan ini diakhiri dengan sesi pengarahan yang sangat penting mengenai pelaksanaan teknis di lapangan untuk para relawan. Dalam sesi ini, yang berlangsung dari pukul 18.00 WIB hingga 18.20 WIB, para peserta diberikan informasi mendetail mengenai langkah-langkah yang harus diikuti, peran dan tanggung jawab masing-masing, serta tips dan strategi untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin muncul selama kegiatan di lapangan. Dengan pengarahan ini, diharapkan para relawan akan lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan tugas mereka untuk mencapai hasil yang optimal dalam program yang akan dilaksanakan dalam sesi pengarahan dan tujuan dari sesi tersebut.
Acara pembekalan konseling trauma ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada para peserta dalam hal ini relawan untuk dapat membantu pemulihan psikologis masyarakat yang terdampak bencana banjir lahar dingin di Bukit Batabuah. Dengan berbagai materi dan workshop yang disampaikan, para peserta diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk membantu korban bencana mengatasi trauma dan memulai proses pemulihan.
 

Tim Pengelola

Redaktur
   : Dr. Hanif Al Kadri, S.Pd, M.Pd 
Editor
   : Singgih Ginanjar, M.Pd.
Penulis
   : Dr. Miftahul Fikri, M.Pd.

    Shere :