FIP UNP Selenggarakan PKKMB 2024 yang Inklusif bagi Mahasiswa Disabilitas

 Post By: Admin FIP     22 August 2024

...

Padang, 22 Agustus 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menegaskan komitmennya terhadap inklusivitas dengan menyediakan akomodasi yang layak bagi mahasiswa dengan disabilitas selama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Di tengah antusiasme 1.690 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini, FIP memastikan bahwa setiap mahasiswa, tanpa terkecuali, dapat merasakan pengalaman yang penuh makna dan setara.


Tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan, FIP UNP secara proaktif menghadirkan berbagai fasilitas dan pendampingan khusus untuk mendukung mahasiswa dengan disabilitas dalam beradaptasi selama PKKMB. Beberapa langkah nyata yang diambil antara lain penyediaan juru bahasa isyarat (JBI) bagi mahasiswa dengan gangguan pendengaran dan penempatan tempat duduk prioritas bagi mahasiswa dengan gangguan penglihatan.
Dengan langkah-langkah tersebut, FIP tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga membangun lingkungan kampus yang inklusif dan suportif. "Harapannya mereka merasa nyaman berada di FIP, merasa bahwasannya FIP adalah rumah yang tepat” ujar Prof. Dr. Afdal, M.Pd., Kons., Dekan FIP UNP. Fakultas berupaya memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat memulai perjalanan akademisnya dengan percaya diri dan merasakan bahwa mereka adalah bagian dari komunitas yang peduli dan inklusif.


Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari tata nilai FIP UNP yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan setara bagi seluruh mahasiswa, terlepas dari latar belakang dan kebutuhan khusus mereka. FIP UNP terus berupaya menciptakan ruang belajar yang inklusif dan mendukung semua mahasiswa untuk berkembang secara maksimal.

    Shere :