Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Doesn Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

 Post By: Admin FIP     12 August 2022

...

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang memberikan dorongan kepada Dosen, mahasiswa untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya dalam jurnal Internasional yang terindeks bereputasi internasional. Untuk menyenyikapi hal tersebut Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan Coaching clinic penulisan artikel ilmiah untuk terindeks bereputasi internasional yang diselenggarakan pada hari Kamis, 10 Agustus 2022 yang bertempat di ruang sidang FIP Lt. 2.

Disampaikan oleh dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd  yang menjelaskan tentang apa yang menjadi alasan dilaksankannya kegiatan Coachin clinik penulisan artikel ilmiah ini yakni untuk memberikan arahan serta bimbingan terhadap dosen Guru Beasar, Lektor Kepala, serta dosen-dosen muda adapun mahasiswa sebagai asisten dosen dapat mengikuti acara ini demi tercapainya tujuan dan capaian UNP terhadap dosen dan mahasiswa dengan begitu diharapkan seluruh element yang mengikuti agar dapat mempublikasikan artikel pada jurnal Internasional., Meningkatkan jumlah artikel ilmiah dosen Fakultas Ilmu Pendidikan  yang dipublikasikan dan terindeks bereputasi internasional.

Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan) juga memberikan tambahan deskripsi Coaching clinic Penulisan artikel ilmiah bertujuan untuk meberikan nilai poditif dan merupakan kesempatan untuk meningkatkan para dosen senior, dosen muda dan asdos dalam mempublikasikan artikel ilmiah dalam jurnal terindeks bereputasi internasional.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd: Memberikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh civitas akademik dan kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan coaching clinic ini. Tingginya antusias peserta yang merupakan hal yang tidak terduga sebelumnya. Hal ini menandakan tingginya minat dan motivasi peserta untuk dapat menulis dalam jurnal internasional bereputasi. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan mencatat jika seluruh peserta mampu mempublikasikan artikelnya dalam jurnal internasional maka dalam waktu yang tidak lama UNP mampu menjadi World Class University.

Kegiatan Coaching clinic penulisan artikel ilmiah untuk terindeks bereputasi internasional yang diselenggarakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Menghadirkan narasumber Dr. M. Kristiawan, M.Pd. yang merupaka dosen Universitas Bengkulu menjelaskan bahwan kegitan Coaching clinic ini mengupas tuntas tata cara penulisan dan substansi isi dari sebuah artikel ilmiah untuk publikasi internasional. Publikasi Internasional dapat dinyatakan bereputasi jika memiliki h-indeks yang tinggi dan diindeks oleh ISI Thomson Reuters atau Scopus. Mulai dari penentuan judul, afiliasi institusi, abstrak, introduction sampai referensi harus mengikuti tata penulisan Jurnal Internasional secara umum. Termasuk cara pengutipan dan menghindari plagiat juga dipaparkan dalam kegiatan ini. Sering sekali penulis melewatkan hal-hal sederhana dalam tata cara penulisan yang berakibat ditolaknya tulisan tersebut oleh penerbit atau editor jurnal. Oleh Karena itu Pak Kris (panggilan akrab dari Dr. M. Kristiawan, M.Pd.) menekankan supaya setiap penulis mengikuti pedoman (template) yang ditentukan oleh setiap jurnal. Penulis harus memahami isi dari abstract, introduction, method, results, discussion dan conclusion. Setiap sub judul tersebut harus saling berkaitan, penjelasan yang runut dan terarah.

Selang waktu berjalan Dr. M. Kristiawan, M.Pd. juga memberikan kesempatan bagi dosen senior untuk berkonsultasi dengan beliau secara gratis untuk memberikan petunjuk dari kesalahan yang mungkin akan dilakan, dengan langkah baik Dr. M. Kristiawan, M.Pd. tersebut maka diharapkan para dosen-dosen senior tidak terlalu kesulitan dalam memahami dan membuat sebuah artikel terpublikasi internasional terindexs Scopus.

    Shere :