Sosialisasi World Class University FIP UNP

 Post By: Admin FIP     28 July 2022

...

FIP UNP – Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D beserta Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Yasri, M.S, melakukan kunjungan ke FIP dengan tujuan memaparkan kondisi UNP saat ini serta mensosialisasikan strategi pencapaian World Class University (WCU). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FIP pada hari Selasa, 27 Juli 2022, yang diikuti civitas akademika FIP, mulai dari dosen, tendik, asisten dosen, dan mahasiswa. Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah berubah secara kelembagaan dari Badan Layanan Usaha menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH), menuntut transformasi lebih. Sebab UNP diberikan otonomi dalam bidang akademik hingga keuangan.”Kita harus bekerja luar biasa, tidak bisa bekerja biasa-biasa saja, jadi kita ingin melakukan perubahan terhadap UNP. Mohon untuk bekerja keras dan itu bisa kita lakukan, kita sudah melakukan langkah-langkah yang strategis, massif, terstruktur dan terukur untuk mencapai lompatan ini. Tapi ini tidak bisa dilaksanakan dengan perencanaan yang baik saja harus ada implementasinya,” ucap Ganefri saat mensosialisasikan word class university di ruang aula FIP UNP, Selasa 27 Juli 2022.

Pada kesempatan ini, Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Rudinal M.Pd memaparkan kondisi FIP, target, sasaran, realisasi dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh civitas akademika UNP sebagai pengantar untuk menyambut program WCU UNP.Menjadi WCU pada saat ini menjadi salah satu fokus utama Universitas Negeri Padang. Ada banyak sasaran yang harus dicapai untuk bisa menyandang status WCU tersebut, yang tentunya selaras dengan visi dan misi Universitas Negeri Padang.

Dalam paparannya, Rektor menyampaikan bahwa WCU ini harus dicapai dengan kerja sama seluruh civitas UNP, banyak hal yang harus ditingkatkan seperti, dosen yang harus melanjutkan studi S3 ke luar negeri, publikasi internsional, penerimaan mahasiswa dari luar negeri, dan lain sebagainya. Prof. Ganefri, Ph.D menegaskan, tujuan menjadi word class university bukan hanya untuk mengejar pemeringkatan saja, tetapi menjadi instrument dalam mengembangkan kolaborasi dengan perguruan tinggi lain baik nasional maupun internasional pada era globalisasi saat ini.

Senada dengan tuntutan WCU, dekan FIP menyampaikan bahwa langkah-langkah percepatan dalam penulisan artikel dan jurnal internasional terindex sudah dilaksanakan oleh FIP dengan mengadakan coaching clinic dan workshop dengan mendatangkan narasrumber yang kompeten dibidang nya, disamping itu FIP juga melaksanakan percepatan profesor bagi dosen-dosen degan jabatan lektor kepala sehingga bertambahnya jumlah guru besar di UNP yang merupakan faktor penting juga menuju WCU.

Kegiatan silaturrahmi yang setiap tahun diadakan dengan pimpinan universitas ini tentunya diharapkan dapat memacu semangat pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa sehingga dapat berkarya menjadi lebih baik.

 

    Shere :