Workshop dan Bedah Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023

 Post By: m.habibi     30 January 2023

...

FIP UNP, PADANG,- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari di perkuliahan untuk dapat dimanfaatkan kepada masyarakat luas. Olehnya itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP mengadakan kegiatan Workshop dan Bedah Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023 Serta Tips dan Trik Lolos Pendanaan” bagi mahasiswa FIPUNP yang berminat pada program kreatifitas mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Januari 2023 secara Luring di Aula FIP UNP Lt.4Dr. Desyandri, S.Pd, M.Pd. selaku WD III FIP UNP dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa FIP UNP tentang adanya lomba PKM yang selalu dilakukan setiap tahun serta pengetahuan-pengetahuan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti lomba PKM Tahun 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh bapak Dr. Desyandri, S.Pd, M.Pd selaku WD III FIP UNP. Dalam sambutan beliau mengatakan bahwa kegiatan Workshop ini merupakan langkah positif karena FIP UNP beberapa tahun terakhir sudah meloloskan mahasiswa dan merupakan nilai tambahan bagi mahasiswa karena mendapatkan pendanaan dari pemerintah serta tentunya mendapatkan pengalaman untuk pelaksanaan lomba-lomba. Apalagi ditahun 2023, perlu diarahkan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Pemerintah melalui PKM ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk lebih kreatif dan termotivasi dalam menciptakan karya-karya terbaik.

Untuk pemateri dibawakan oleh Bapak Arisul Mahdi, S.Pd.,M.Pd. selaku Reviewer Proposal PKM tingkat Nasiolan, dan juga salah satu dosen FIP UNPKegiatan PKM ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 di Seluruh Perguruan Tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel, dan transparan. Kriteria meliputi inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah anggota, Dosen Pembimbing, alokasi biaya, laporan akhir, dan luaran dari kegiatan PKM. Skema pendanaan PKM terdiri dari PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, dan PKM-KC. Masing-masing skema PKM tersebut memiliki kriteria kegiatan mulai dari bagaimana pengamatan mendalam berbasis IPTEK sampai dengan karya berupa konstruksi karsa fungsional. Untuk jumlah anggota Mahasiswa terdiri 3-5 orang dengan skema pendanaan mulai 5 juta hingga 10 juta. Untuk luaran juga memiliki skema yang berbeda disesuaikan skema PKM itu sendiri, mulia dari laporan kemajuan, laporan akhir, artikel ilmiah, Produk Program Prototipe atau Produk Fungsional.

Pemateri lainnya seperti Dr. Lili Dasa Putri, S.Pd., M.Pd. , Ari Suryani, M.Pd. , Johandri Taufan, S.Pd., M.Pd., Tia Ayu Ningrum, M.Pd. , dan Vivi Anggraini, S.Pd., M.Pd. Juga sebagai dosen FIP UNP. Beliau mengatakan bahwa apa-apa yang dinilai reviewer ketika diperiksa berdasarkan kriteria tertentu. Yang akan saya sampaikan itu adalah tahap penyusunan proposal, jika kita atau apapun ide yang kita miliki, tetapi jika secara administrasi tidak lengkap, maka tidak akan diperiksa ketahap selanjutnya. Penilaian pada tahap kedua sehubungan dengan ide yang dijelaskan dalam proposal yang diajukan. Untuk inti kegiatan PKM terdiri dari 8 Bidang dan satu PKM GFK. Yang pertama PKM-R (Riset). Untuk PKM-R itu harus menyesuaikan bidang ilmu. Jika bidang informatika, berarti harus ada riset tentang informatika itu sendiri. Kolaborasi dengan bidang lain seperti pertanian juga menjadi pemicu untuk memudahkan lolos dalam PKM ini seperti pada kampus-kampus yang lain. Untuk kunci sukesnya terdiri dari Pertama-Tantangan Intelektual terkait state of art, Kedua-Fokus Masalah, Ketiga-Metode Riset, Keempat-Kualitas Data, dan Kelima adalah Kualitas Luaran.

Download Dokumentasi

    Shere :

Tentang

Halaman Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

BERITA

Coaching pendampingan penulisan proposal PKM 2024 mahasiswa FIP UNP
  02 February 2024

FIP UNP, PADANG,- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah bagi mahas...

Pelaksanaan Bedah Proposal DRTPM Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Untuk 7 Departemen
  31 January 2024

Pelaksanaan bedah proposal DRTPM yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Pendidi...

Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan DRTPM dan RKAT Tahun 2024 di FIP UNP.
  11 January 2024

LPPM UNP pada hari Rabu 10 Januari 2024, mengadakan kegiatan sosialisasi pene...

HIMA PGSD UPP III LAKSANAKAN GEBYAR PGSD UNTUK PERTAMAKALI
  09 December 2023

Hadirnya Gebyar PGSD menjadi salah satu gebrakan baru untuk menciptakan indiv...