Sosialisai Zona Integritas di Fakultas Ilmu Pendidikan

 Post By: m.habibi     28 February 2023

...

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) Menggelar Sosialisasi Penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang bertempat di Aula FIP UNP, Senin 27 Februari 2023,  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan FIP UNP.

Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu Kementerian/ Lembaga (K/L) yang pimpinannya mempunyai niat (komitmen) mencegah terjadinya korupsi dan mempunyai program kegiatan pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja yang menjadi tanggung jawabnya. WBK adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada unit kerja pada ZI yang mempunyai indeks integritas tertentu dari hasil survei integritas dan telah mampu memenuhi indikator lain yang ditetapkan.

Sedangkan, WBBM adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada ZI yang memenuhi syarat indikator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indikator operasional 90 atau lebih. Unit Kerja yang dimaksud ialah unit kerja layanan masyarakat yang mandiri, mandiri dalam arti mengelola anggaran dan/atau Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sendiri yang eselonisasinya serendah-rendahnya setingkat dengan Eselon II.

Dekan FIP UNP yang kemudian disampaikan oleh Wakil Dekan I Prof. Dr. Hadiyanto, M.Ed dalam sambutannya mengajak kepada seluruh pejabat dan pegawai FIP UNP untuk berkomitmen bersama mengimplementasikan ZI. Sebagaimana diketahui jika penerapan ZI merupakan upaya meningkatkan kinerja yang nantinya mampu menghadirkan insan yang handal dan profesional dalam memberikan berbagai bentuk pelayanan.

“Pencanangan ZI ini tidak hanya berhenti setelah terwujudnya WBK saja lalu semuanya mengendur, akan tetapi tetap harus dijaga kelestariannya dan diwariskan kepada penerus bawah. Hapus paradigma lama dan buat paradigma baru yang tentunya didukung dengan pengawasan yang konsisten dan obyektif,” pesannya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini turut disampaikan oleh narasumber terkait pelaksanaan dan bagaimana WBK dan WBBM ini dapat terpenuhi dan terlaksana di lingkungan FIP UNP serta peningkatan kualitas dan pengembangan kepribadian.

    Shere :