TINJAU PROGRES PENYUSUNAN BORANG LAMDIK: DEPARTEMEN PGSD OPTIMIS RAIH AKREDITASI UNGGUL

 Post By: habibi_PGSD     23 June 2022

...

Pada tanggal 26 Juni 2022 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan rapat peninjauan progres penyusunan borang akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Rapat peninjuan ini berlangsung sejak pukul 09.00 - 16.00 yang dihadiri oleh seluruh Tim Task Force Akreditasi Departemen berjumlah 27 orang..

Akreditasi Departemen PGSD periode sebelumnya berakhir s.d tanggal 5 Desember 2022. Sesuai aturan borang akreditasi LAMDIK tahun ini harus diupload paling lambat tanggal 14 Agustus 2022. Sehingga dalam 3 (dua) bulan terakhir Tim Task Force Akreditasi Departemen bekerja keras dalam menyusun borang akreditasi tersebut.

Peralihan proses akreditasi Program Studi (Prodi) dari badan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) ke LAMDIK menyebabkan terdapat beberapa perubahan baik dari segi substansi borang akreditasi maupun jenis dokumen yang harus dipersiapkan. Proses akreditasi oleh LAMDIK ditekankan pada sembilan (9) Kriteria, yang mana substansi setiap kriteria dikelompokkan ke dalam empat (4) bagian yaitu Kebijakan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Tindak Lanjut. Sedangkan dokumen yang harus dipersiapkan untuk proses akreditasi ini terdiri dari Data Kuantitatif, Laporan Evaluasi Diri (LED).

 

Ibu Dra. Yetti Ariani, M.Pd selaku Kepala Departemen PGSD FIP UNP dalam kesempatan tersebut mengatakan “Memang terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara akreditasi oleh SNPT dan LAMDIK. Meskipun demikian ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. TIM telah kami bentuk sejak akhir Maret untuk mempelajari mekanisme akreditasi LAMDIK. Kami juga telah meminta penjelasan dan arahan dari beberapa Asesor agar dokumen yang sedang disusun sesuai dengan kriteria penilaian.”

 

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Syafri Ahamad, Ph.D, selaku Ketua TIM Task Force Akreditasi PGSD menuturkan “Sejauh ini borang akreditasi yang kami susun dapat dikatakan lengkap baik dokumen LED maupun Data Kuantitatif. Setiap struktur point LED sudah terisi berdasarkan data yang tersedia dan itu sesuai dengan kriteria penilaian. Analisis sementara bersama para Asesor menunjukkan sudah cukup banyak indikator penilaian yang mencapai skor 4. Perolehan ini pun tidak menumpuk pada satu Kriteria melainkan tersebar dari Kriteria 1 s.d Kriteria 9.

 

 

Lebih lanjut beliau menyampaikan rasa optimisme “Meskipun masih terdapat beberapa indikator penilaian yang mendapatkan skor 2 dan 3, tapi kami masih memiliki cukup waktu melengkapi data agar skor tersebut dapat ditingkatkan. Melihat progress yang sangat signifikan dan skor sementara yang diperloleh kami sangat yakin Departemen PGSD mampu meraih Akreditasi Unggul, InshaAllah.”

    Shere :