Seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan tahun 2023

 Post By: m.habibi     01 March 2023

...

Padang FIP UNP,- MAWAPRES Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan fokus program Sarjana dan Diploma.

 

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) pada Senin  (27/0/2023) telah melaksanakan kegiatan Kompetisi dan Penjurian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas. Tujuan kegiatan Pilmapres pada Tingkat Fakultas ini adalah memilih dan memberikan penghargaan kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang  yang meraih prestasi, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana mensinergikan hard skills dan soft skills serta mendorong Program Studi, Fakultas dan Perguruan Tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

 

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) mendatangkan dewan juri/penilai yaitu Bpk Prof. Dr. Rahadian Z, S.Pd, M.Si. Sebagai Ketua, Krismadinata, ST, MT, Ph.D sebagai anggota 1 dan Dr. Havid Ardi, S.Pd, M.Hum. Sebagai anggota 2, FIP UNP sengaja mendatangkan juri dari luar FIP UNP agar mendapatkan penilaian yang objektif hingga seleksi benar-benar medapatkan hasil yang terbaik. 

 

 

Pengumuman Pemenang Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat FIP UNP diselenggarakan dengan dua jalur pendaftaran. Jalur yang pertama adalah mahasiswa yang mendaftar dan memenuhi syarat, yaitu memiliki keinginan dan potensi sebagai mahasiswa berprestasi mendaftarkan diri dan melengkapi berkas persyaratan. Jalur kedua adalah mahasiswa yang akan diseleksi dan ditetapkan oleh Program Studi berdasarkan berbagai aspek secara akademis dan pertimbangan keunggulan secara organisasi dan capaian unggulan lainnya, serta melengkapi berkas persyaratan. 

Kreteria Penilaian dari seleksi yang diadakan meliputi 

Penyajian Gagasan Kreatif, Subtansi Gagasan Kreatif, Kualitas Gagasan Kreatif. 

Dan adapun komponen penilaian nya yaitu Keaslian Data Prestasi, Kelayakan dan Kepatutan, Kejujuran, Penjiwaan dan  penguasaan Materi ( Kompetisi dan Rekognisi ), Ekspresi, Etika, Kepercayaan Diri, Berpikir Kritis, Kreatif, Inisiatif, Kemampuan Komunikasi, Argumentasi, dan Kemampuan Koordinasi dan Pemberdayaan

Setelah tahap penjurian, akan dilakukan penilaian terhadap dokumen administrasi, presentasi, penulisan naskah gagasan kreatif, capaian unggulan, dan kecakapan berbahasa Inggris serta wawasan kebangsaan dalam kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023 Tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. 

 

Kegiatan ini mengikutsertakan peserta sebanyak 8 orang yaitu:

  1. Firlye refilina
  2. Rizky syaputra
  3. Nur kholiza fitr
  4. Safira zahiya putri
  5. Naufal azzuhdi
  6. Nova yustina
  7. Vero stianda
  8. Santia indah saputri

 

Yang Kemudian menetapkan 5 peringkat terbaik antara lain :

  1. Naufal Azzuhdi
  2. Safira Zahiya Putri
  3. Vero Stianda
  4. Nova Yustina
  5. Firlye Refilina

 

Naufal Azzuhdi sebagai peringkat pertama menyampaikan “Alhamdulillah bisa terpilih kembali menjadi peringkat 1 MAWAPRES FIP UNP seperti pada tahun lalu. Terima kasih kepada berbagai pihak yang selama ini percaya dan selalu mendukung Naufal sehingga dalam kurun waktu satu tahun terakhir Naufal telah semakin banyak berkembang dengan mengikuti berbagai perlombaan dan kegiatan-kegiatan akademis dan non-akademis lainnya. Untuk teman-teman, semoga semakin semangat dalam berprestasi dibidangnya masing-masing karena gelar MAWAPRES ini adalah gelar yang cukup prestisius. Dan mohon do'a dan dukungannga untuk tingkat seleksi PILMAPRES berikutnya”

    Shere :