Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023.

 Post By: Admin FIP     20 August 2023

...

Minggu, 20, Agustus 2023, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, melaksanakan kegiatan Pengenalan Kegiatan dan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan dilaksanakan dimulai pukul 07.00 WIB dan di hadiri oleh sebanyak 1.344 Mahasiswa Baru, kegiatan dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh pimpinan Fakultas, diantaranya adalah Wakil Dekan III Urusan Kemahasiswaaan, Dr. Desyandri, M.Pd, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Dekan FIP UNP Prof. Dr. Afdhal, M.Pd, kons. Dalam sambutannya Wakil Dekan III Dr. Desyandri, M.Pd memberikan arahan untuk mahasiswa dapat mengikuti kegiatan PKKMB dengan baik dan maksimal “Ikuti kegiatan PKKMB ini dengan maksimal dan penuh keseriusan, dengarkan materi yang disampaikan oleh bapak/ibu pemateri, disimak dan kemudian di amalkan dalam kehidupan kampus” ungkap beliau. Beliau juga mengingatkan mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan berikut ormawanya “Setelah memasuki masa perkuliahan, silahkan adik-adik ikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, ada Merdeka Belajar, Kampus Mengajar, PKM, serta ormawa selingkup Fakultas maupun Universitas untuk menggali secara maksimal potensi adik-adik, dan memberi kontribusi bagi kemajuan Fakultas, Universitas, dan tentunya diri kita sendiri” ucap beliau. Sedangkan dalam arahannya, Dekan FIP UNP Prof. Dr. Afdhal, M.Pd, Kons, menyampaikan “Kita sudah menjalin kerjasama dengan kampus-kampus di dalam dan luar negeri, di antaranya adalah dengan Universitas Negeri Gorontallo (UNG), dan hari ini Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd, yang akan memberikan kuliah umum pada kita pada pagi hari ini, juga dosen-dosen kita dari FIP UNP, Prof. Solfema dan Bapak Prof. Hadiyanto akan membagi ilmu dan pengalamannya pada pagi hari ini” Ucap beliau.

Kuliah Umum 

            Pada kegiatan kuliah umum, dalam Kegiatan PKKMB Fakultas diisi oleh tiga orang pembicara, diantaranya adalah Dr. Arwildayanto, M.Pd (Dekan FIP UNG, materi peran strategi mahasiswa dalam peningkatan mutu pembelajaran perguruan tinggi), Prof. Dr. Solfema, M.Pd (Guru besar PLS, materi pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, dan norma kehidupan kampus) dan Prof. Dr. Hadiyanto, M.Ed (Wakil Dekan I Urusan Kademik FIP UNP).

            Dr. Arwildayanto, M.Pd dalam kuliah umunya menyampaikan tiga point penting keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran di perguruan tinggi “Mahasiswa memiliki peran penting dan stratregis dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di perguruan tinggi, maka setidaknya ada tiga kiat yang harus adik-adik mahasiswa baru lakukan, pertama adalah mengikuti organisasi kemahasiswaan, jangan menjadi mahasiswa yang kuliah pulang-kuliah pulang saja, jadilah mahasiswa yang peka dan peduli lewat kontribusi organisasi kemahasiswaan, sebab ormawa itu mengambil peran dalam menentukan arah mode pembelajaran di perguruan tinggi. Kedua adalah membuat rancangan karier jangka pendek dan jangka Panjang, adik-adik dari sekarang harus mampu merumuskan apa rencana kedepannya dalam jangka pendek dan jangka Panjang, jangka pendek semisal target perlombaan atau jumlah karya yang dilahirkan, jangka Panjang adalah kesiapan adik-adik memilih dan menghadapi profesi masa depan, tentu skill menjadi kuncinya. Ketiga untuk membantu adik-adik dalam merumuskan rencana karir, silahkan adik-adik ikuti program kementerian seperti MBKM” ungkap beliau. Beliau dalam ceramahnya. Beliau juga menambahkan rencana pertukaran pelajar antara mahasiswa FIP UNP dan mahasiswa FIP UNG,Saya juga mengharapkan dan kita sudah bicarakan dengan pak Dekan FIP UNP, untuk rencana pertukaran pelajar antar kampus ini tutur beliau.

 

            Prof. Solfema, M.Pd, memberikan materi mengenai pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, dan norma kehidupan kampus, “Saudara-saudara adalah kaum intelektual, bedanya kaum intelektual adalah kalau dia menulis tulisannya tajam dan berisi, kalau bicara berwibawa dan jelas apa yang dibicarakannya, kenapa demikian? adalah karena budaya akademik itu adalah budaya yang didasarkan pada data, statistic, dan juga dikuatkan teori ahli, sehingga hal yang disampaikan adalah kuat dan padu. seorang Mahasiswa dan intelektual dia berbicara dengan wibawa, elok dalam perkataan dan perbuatannya dapat dipertanggungjawabkan.” ucap beliau. Prof. Solfema, M.Pd juga menambahkan mengenai aturan berbusana di fakultas, “Pakailah pakaian yang sopan dan enak di pandang, tunjukkan bahwa saudara adalah orang yang dapat meyakinkan masyarakat dalam membawa perubahan, dan itu diawali dengan perubahan kecil, yaitu berpakaian” ungkap beliau.

 

            Prof. Hadiyanto, M.Ed, memberikan materi mengenai pemaparam sarana, prasarana pembelajaran serta sistem pelayanan akademik dan kemahasiswaan. berliau memberikakan arahan mengenai saran, prasaran berserta layanan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan, “Di Fakultas kita memiliki sarana yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar, dan kegiatan kemahasiswaan mahasiswa, yaitu kita punya ruang kuliah dengan fasilitas pendingin ruangan, infocus di setiap kelas. Kita memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi buku yang berhubungan dengan Departemen di FIP, dan sebahagian adalah buku yang ditulis oleh para dosen di fakultas kita. Setiap Departemen dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium terintegritas dan berbasis IT, Ruang semninar skripsi, Microteaching, ruang rdapat dan ruang siding, aula, WC di setiap lantai, dan Mushalla di lantai lima.” Ungkap beliau . Selain fasilitas pokok, juga ada fasilitas penunjang lengkap “kita memiliki lahan parker yang luas, sarana WIFI ID yang bisa di akses lewat portal akademiki mahasiswa. Untuk kepentingan akademika kita memiliki 7 jurnal yang tersebar di masing-masing Departemen dan terakreditasi, guna menampung artikel dan produk tulisan ilmiahn mahasiswa.” Sambung beliau. Prof. Hadi juga menambahkan mengenai tahapan-tahapan dalam pembelajaran di FIP “Kita menggunakan sistem kredite semester (SKS) dan akan dibantu arahkan oleh masing-masing dosen Pembimbing Akademik, dalam kegiatan belajar mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang memungkinkan untuk konversi SKS, seperti program yang ada pada MBKM, lalu di akhir semester akan dilakukan evaluasi hasil pembelajaran.” Tutup beliau.

Statement Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdhal, M.Pd. Kons.

            Pada sesi istirahat siang, Tim Jurnalis Humas FIP berkesempatan mengadakan jumpa pers dengan Dekan FIP UNP. Dalam wawancara yang dilaksanakan, Dekan FIP UNP Prof. Dr. Afdhal, M.Pd. Kons, memberikan beberapa pemaparan mengenai kegiatan dan perencanaan kedepannya.

“Memang pada hari ini kita mengadakan kegiatan PKKMB tingkat Fakultas, yang memang itu sama dan kita adakah setelah semua gugus melaksanakan PKKMB tingkat Universitas, melalui kegitan ini kita ingin mahasiswa kit aini memiliki orientasi yang bagus terhadap pelaksanaan kehidupan kampus, mereka bisa mengenali fakultasnya, dimana hari ini juga di ajarkan etika di kampus, mengenal departemennya, prestasi mahasiswanya, dan tentunya fakultas secara keseluruhan” Ucap beliau memaparkan tupoksi dalam kegiatan PKKMB FIP. 

Dekan FIP UNP juga menjelaskan tentang rencana Kerjasama dengan FIP Gorontalo, “Untuk FIP UNG kita Sudah lama menjalin Kerjasama, jadi saya hanya melanjutkan apa yang sudah ada, kebetulan hari ini Dekan FIP UNG, bapak Arwil sedang ada di Padang, maka kita minta untuk mengisi kuliah umum dalam PKKMB dan tentunya ini bahagian dari Kerjasama, dan respon beliau positif, sudah banyak program terjalin seperti penelitian dan perlombaan, dan kedepannya tadi juga kita bicarakan bahwa akan kita laksanakan pertukaran pelajar antara FIP UNP dan FIP UNG.” Dalam Jumpa pers juga di singgung mengenai kuota jumlah peserta yang lebih sedikit dari tahun kemaren “Tahun ini ada 11.000 yang mendaftar dan hanya 1.344 yang diterima, artinyan persaingan tahun ini lebih ketat, sebab kuota di perkecil, sedangkan margin peminat semakin bertambah dari tahun lalu yang hanya berminat sekitar 10.000 orang.” sambung beliau.

            Dekan FIP UNP juga menyampaikan perencanaan untuk menunjang kemajuan dan kemauan mahasiswa dalam belajar kedepannya, “kitaa Sudah membangun Kerjasama dengan berbagai instansi baik dalam dan luar negeri, seperti yang terbaru adalah dengan UM Malaya, hal ini adalah untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat study ke luar negeri, apakah itu berupa study lanjut, pertukaran pelajar, atau pengabdian. Kita juga berencana untuk memberdayakan ruangan lantai 5 untuk ruangan Ormawa, dan ruang bersama untuk berbagai kegiatan di fakultas, kita juga mencanangkan pembentukan koperasi FIP yang akan membantu mengelola dan memberdayakan apasaja yang ada di FIP” ujar beliau.

            Terakhir, beliau menyampaikan harapan semoga PKKMB ini dapat memberi wawasan baru dan membuka cakrawala pemikiran para intelektual muda FIP untuk berkiprah di kampus dan di masyarakat “Terakhir kita berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi dorongan bagi mahasiswa untuk aktif berkegiatan di kampus, dan juga aktif terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan”.

            Kegiatan ditutup dengan penampilan bakat para mahasiswa baru, dan berlangsung secara gemilang dan riang gembira, kemudia mereka dipulangkan menuju kediaman masing-masing. pada penutupan beliau juga menyampaikan “saya yakin mahasiswa FIP adalah mahasiswa yang kuat dan mahasiswa yang Tangguh, mahasiswa FIP mahasiswa yang kreatif dan berprestasi”

 

Jurnalis : Vero Stianda, Vini Lovita, Ahmad Zaki, Azizah Chairunnisa

Penyelaras : Dr. Setiawati, M.Si, Vivi Anggraini, M.Pd, Fitri Dwi Arini, M.Pd

TIM HUMAS FIP UNP

    Shere :