Simulasi Akreditasi Internasional AQAS

 Post By: habibi_PGSD     23 June 2022

...

Departemen Pendidikan Luar Sekolah merupakan salah satu jurusan yang mengikuti Akreditasi Internasional Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS). AQAS sendiri merupakan lembaga independen untuk penjaminan kualitas suatu program studi yang berbasis di Jerman. Departemen PLS tergabung ke dalam klaster 1 yaitu Cluster Education. Dalam klaster 1 terdiri dari 6 program studi diantaranya, Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Luar Biasa (PLB), Teknologi Pendidikan (TP), S3 Ilmu Pendidikan, dan S3 Pendidikan Teknologi Kejuruan.

Pada Selasa, 5 Juli 2022 segenap dosen Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIP UNP menghadiri Kegiatan Simulasi SER AQAS pada pukul 09.00 WIB s/d selesai. Kegiatan simulasi ini dilaksanakan di ruangan Departemen PLS Lantai 1. Simulasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan setiap penanggung jawab kriteria SER dalam mempersiapkan Akreditasi Internasional AQAS serta memaksimalkan persiapan dosen Departemen PLS dalam menghadapi agenda visitasi SER AQAS yang akan dilaksanakan dari tanggal 19-23 September 2022.

               Dalam pelaksanaannya, kegiatan simulasi ini adalah untuk mempresentasikan masing-masing kriteria SER dari masing-masing penanggung jawab. Terdapat 7 Indikator yang akan dinilai dalam asesmen akreditasi internasional AQAS, meliputi; 1) Kualitas Kurikulum; 2) Prosedur Penjaminan Mutu; 3) Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian; 4) Penerimaan, Perkembangan, Pengakuan, dan Sertifikasi,  Mahasiswa; 5) Staf Pengajar; 6) Sumber Pembelajaran dan Dukungan Mahasiswa; dan 7) Informasi Publik. Indikator-indikator tersebut akan dibebankan kepada penangggung jawab masing-masing kriteria. Selain itu, tugas dari masing-masing dosen Departemen PLS adalah untuk mempersiapkan diri dalam proses interview. Adapun topik yang akan didiskusikan khusus untuk dosen pada saat visitasi adalah intended learning outcomes, teaching and learning, student assessment, student support, curriculum, feedback from stakeholder. Berdasarkan topik tersebut para dosen Departemen PLS diharapkan dapat mempersiapkan diri secara maksimal.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Departemen PLS Ibu Dr. Ismaniar, M.Pd., visitasi akreditasi internasional  klaster 1 akan berlangsung secara daring. Dengan diadakannya kegiatan simulasi ini, para dosen Departemen PLS diharapkan dapat memahami secara menyeluruh isi SER AQAS pada saat pelaksanaan visutasi. Kegiatan simulasi ini berakhir hingga pukul 12.30 WIB yang kemudian akan menjadi rangkaian dari beberapa kegiatan yakni penyamaan persepsi dan simulasi dengan perwakilan mahasiswa, pengguna lulusan serta menghadirkan interpreter yang akan memfasilitasi di saat hari H visitasi. Semoga seluruh program studi khususnya Departemen Pendidikan Luar Sekolah dapat menjalankan persiapan ini dengan lancar hingga hari yang ditunggu-tunggu tiba. Semoga dengan Akreditasi Internasional ini dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas Departemen Pendidikan Luar Sekolah sehingga dapat menciptakan generasi emas yang dapat ikut serta dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

    Shere :