Perkuat Reputasi Internasional FIP UNP, Dekan FIP UNP Tandatangani dan Implementasi Kerjasama dengan Berbagai Institusi di Kamboja

 Post By: Admin FIP     27 November 2023

...

Pada tanggal 22-24 November 2023, Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons, bersama Dr. Yaswinda, M. Pd. (Koord. Prodi S2 PAUD FIP) dan Tisna Syafnita, M.Pd. (Dosen PGPAUD FIP UNP) mengunjungi beberapa insitusi pendidikan tinggi di Kamboja untuk melakukan penandatanganan kerjasama dan implementasi kerjasama dalam rangka penguatan reputasi internasional UNP.

Pada hari pertama, tim yang juga didampingi oleh Mr. Ith Vuthy, MSc. MA., Deputy Director for Program, SEAMEO CECCEP (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting) mengunjungi National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC) untuk melakukan kerjasama dengan Fakultas Sosial Sains dalam rangka Penelitian bersama topik pendidikan, termasuk didalamnya inisiasi kerjasama pada pendidikan vokasional, kepariwisataan dan teknik yang sesuai dengan berbagai program studi di UNP. Tim pada sore harinya juga diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, . H.E. Santo Darmosumarto untuk pelaporan dan dukungan kedutaan berbagai aktivitas kerjasama FIP UNP ke depannya. Dubes Indonesia untuk Kerajaan Kamboja ketika dihubungi menyatakan bahwa senang menerima kunjungan dari delegasi UNP, kami berharap kerjasama yang erat dapat terjadi antara UNP dengan berbagai institusi pendidikan di Indonesia termasuk didalamnya pada keilmuan pendidikan, vokasional dan pengajaran bahasa Indonesia (BIPA) untuk mahasiswa atau warga negara Kamboja yang akan ke Indonesia, imbuhnya.

Pada hari ke dua tim melakukan penandatanganan kerjasama dan langsung implementasi pencapaian hasil riset dosen S1 PGPAUD PSDKU Sawahlunto dengan Phnom Penh Teacher Education College (PTEC). PTEC adalah lembaga penghasil guru utama di Kamboja yang langsung berada di bawah Kementerian Pendidikan Kamboja. Direkrur PTEC, Dr. Set Seng, menyambut baik kerjasama dan implementasi yang dilakukan oleh FIP UNP (termasuk didalamnya program PSDKU PGPAUD) dalam kolaborasi berbentuk pertukaran pelajar, dosen, riset dan pengabdian bersama. Dalam kesempatan ini juga dilakukan diseminasi hasil penelitian Dosen PGPAUD PSDKU Sawahlunto yang berjudul Development of Pop Up Media Based on Multisensory to Improve Early Childhood Science Ability yang dimotori oleh Dr Yaswinda dan Tisna Syafnita, M. Pd.

Kegiatan tidak berhenti disitu saja karena tim juga melakukan pembicaraan kerjasama dan impelemntasi dalam bentuk diseminasi hasil penelitian dengan National Institute of Entrepreneurship and Innovation (NIEI), yang langsung diterima oleh Mr. Khun Bunthat, Vice Director of NIEI. Dalam pembicaraannya dibahas kerjasama terkait kurikulum kewirausahaan dan inovasi untuk tingkat pendidikan anak usia dini,  pendidikan dasar dan menengah serta arah arah pengembangannya.

Dalam penerbangan pulang ke Indonesia, Prof. Afdal, Dekan FIP yang menyertai rombongan merasa puas dengan berbagai aktivitas di Kamboja, yang tidak hanya menghasilkan MoU akan tetapi langsung diimplementasikan dalam bentuk diseminasi hasil penelitian. Tentunya kami meminta terimakasih kepada Mr. Ith Vuthy, MSc. MA., Deputy Director for Program, SEAMEO CECCEP (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting) yang telah dengan senang hati memfasilitasi kegiatan ke Kamboja, Direktur Sekolah Vokasi UNP yang telah mendanai dosen PSDKU PGPAUD Sawahlunto dan Rektor beserta pimpinan UNP yang selalu mendukung kegiatan kolaborasi ini, imbuhnya.

 

 


Author

Humas UNP

    Shere :

Tentang

Halaman Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

BERITA

Coaching pendampingan penulisan proposal PKM 2024 mahasiswa FIP UNP
  02 February 2024

FIP UNP, PADANG,- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah bagi mahas...

Pelaksanaan Bedah Proposal DRTPM Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Untuk 7 Departemen
  31 January 2024

Pelaksanaan bedah proposal DRTPM yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Pendidi...

Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan DRTPM dan RKAT Tahun 2024 di FIP UNP.
  11 January 2024

LPPM UNP pada hari Rabu 10 Januari 2024, mengadakan kegiatan sosialisasi pene...

HIMA PGSD UPP III LAKSANAKAN GEBYAR PGSD UNTUK PERTAMAKALI
  09 December 2023

Hadirnya Gebyar PGSD menjadi salah satu gebrakan baru untuk menciptakan indiv...

PENUTUPAN SMART KRIDA FIP UNP 2023
  08 December 2023

Salam Laskar Sayap Kuning,
Salam Pendidikan!!👋

Berakhirnya dengan g...

Prodi Magister PAUD FIP UNP laksanakan kerjasama dengan FIP UPI BANDUNG
  29 November 2023

Padang,- Senin, 27 November 2023,

Prodi Magister PAUD FIP Universitas N...