Seminar Nasional Departemen Pedidikan Luar Sekolah FIP UNP

 Post By: ridahusnul_PLS     19 June 2022

...

  Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Bidang Peminatan Pemberdayaan Masyarakat pada tanggal 16 Juni 2022. Seminar Nasional ini telah rutin dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang sebanyak tiga kali dalam setahun semenjak tahun 2016 dengan tiga bidang peminatan yang berbeda yaitu bidang peminatan Pemberdayaan Masyarakat, PAUD, dan Diklat. Seminar ini mengusung tema “Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Era Moderen”. Berdasarkan laporan ketua pelaksana Ibu Vevi Sunarti M.Pd, seminar ini diharapkan dapat memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar bisa menjadi masyarakat yang berdaya dan memberdayakan serta dapat menerapkan strategi pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga dan berbasis teknologi informasi.

                 Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Hadiyanto, M.Ed. Seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa yang kini sedang mengenyam pendidikan di jurusan PLS FIP UNP, namun juga dihadiri para praktisi, akademisi, orang tua, masyarakat serta pihak tekait dengan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Sebagaimana seminar nasional sebelumnya, seminar nasional bidang peminatan Pemberdayaan Masyarakat PLS kembali menghadirkan tiga orang narasumber yang mumpuni dibidang Pemberdayaan Masyarakat, yaitu:

           1. Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd.

Beliau merupakan Guru Besar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontal. Pada seminar ini, beliau akan menyampaikan materi tentang “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi”.

           2. Dr. Setiawati, M.Si.

Beliau merupakan dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Pada seminar ini, beliau akan menyampaikan materi tentang “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Keluarga”.

            3. Mina Dewi Sukmawati, S.Pd

Beliau merupakan Ketua Forum Bank Sampah MSME Indonesia. Pada seminar ini, beliau akan menyampaikan materi tentang “Berdaya untuk Memberdayakan”.

            Sebagaimana tiga edisi sebelumnya, Seminar ini juga diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting dengan total peserta 182 orang. Selain melalui fasilitas Zoom, masyarakat dan akademisi seluruh dunia juga dapat mengikuti acara ini secara langsung (live) di Youtube resmi Departemen Pendidikan Luar Sekolah yaitu PLS FIP UNP.

    Shere :