Depatemen BK FIP melakukan lawatan Luar Negeri dalam Rangka International Student Mobility periode 27 Mei 2024 hingga 1 Juni 2024

 Post By: Admin FIP     27 May 2024

...

Sebanyak 157 Mahasiswa Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) dari berbagai tingkatan program (6 orang S3 BK, 19 orang S2 BK dan 132 orang S1 BK) dengan 9 dosen/tendik pendamping mengikuti International Student Mobility di Universiti Putra Malaysia.

Kegiatan selama satu minggu difokuskan pada kuliah umum, workshop konseling karir, lomba inovasi karir, seminar hasil penelitian mahasiswa S2 S3 BK, kunjungan kampus dan industri, riset dan publikasi bersama, rencana pengabdian internasional bersama serta penandatanganan MoU/MoA dengan berbagai instansi dan universitas. Kegiatan jni mengambil tema peningkatan pengalaman merdeka belajar mahasiswa untuk akselerasi reputasi internasional.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan Fakulti Pengajian Pendidikan Universiti Putra Malaysia, Prof Dr Wan Marzuki Bin Wan Jaafar menyampaikan bahwa FPP UPM menyambut baik aktivitas mobility yang dilakukan oleh mahasiswa BK FIP UNP dan berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa khususnya dalam matakuliah Bimbingan Konseling Karir dan Industri. Nantinya  FPP UPM juga akan melakukan kegiatan mobility selama dua minggu di FIP UNP pada September 2024 mendatang dengan 30 mahasiswa S1.

Kegiatan ini juga ditemani oleh dekan FIP UNP, Prof., Dr. Afdal., M.Pd., Kons dan menyambut baik kegiatan ini.  Hal ini disampaikan ini adalah langkah untuk kita maju bersama untuk kepentingan pendidikan di masa akan datang.

Pada Acara tajuk Inovasi Kerjaya tahun 2024, Innovate Your Career Journey 2024. Dosen BK FIP UNP menjadi Juri pada tajuk Inovasi mahasiswa BK di UPM sebagai upaya dalam memberikan masukan dan kritikan yang objektif untuk arah lebih baik,. Hal ini menjadi langkah baru bagi mahasiswa untuk dapat mengoptimal kan peran pendidik dalam memperkenalkan kondisi karir yang ada melalui berbagai teori karir yang ada. Dosen BK yang hadir menjadi juri yaitu Prof. Dr. Firman, M.S., kons,  Prof. Dr. Afdal., M.Pd., Kons., Dra. Zikra., M.Pd.,Kons.,  Dr. Puji Gusri Handayani, M.Pd., Kons dan Dr. Miftahul Fikri., M.Pd


 
Lebih lanjut, Pada acara workshop konseling karir diikuti oleh   7 orang mahasiswa S2 dan S3 BK FIP menyajikan paper paper hasil penelitian dihadapan dosen dan mahasiswa Kaunseling Fakulti Pengajian Pendidikan UPM. 5 mahasiswa S2 BK FIP dimaksud adalah Azahra Hardi Cusinia dengan judul “How the role of parents influence students career choices from the perspective Roe’s Personality Theory”, Fika Dwi Mulia dengan judul “Parenting Style, Effect, Identity in Career Choice-Collectivisme Theory”, Mharchelya dengan judul “The employee’s work life balance on career and life stisfaction: A systematic literature review”, Putra Suharnadi dengan judul “Constructive Career Counseling for Drug Addiction” dan Wardoyo dengan judul “The Implementation of Pancasila Profil to Improve Employment Culture of Vocational High Scholl)”. Sedangkan mahasiswa S3 BK FIP UNP menyajikan paper dengan judul “The basics of religion as the main foundation for developing student carrer maturity” oleh Deliati, dan “Development of a career option assessment for intellectual disability students in the extraordinary school of Padang” oleh Rendy Amora Jofipasi. Paper paper dimaksud merupakan produk MK BK Karir pada Semester Januari Juni 2024 ini dengan dosen pengampu Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons., Dr. Nurfarhanah, M. Pd., Kons., dan Dr. Rezki Hariko, M. Pd., Kons.

Mengakhiri kegiatan international mobility student dilakukan di Thailand. Thailand pada Kamis-Jumat, 30-31 Mei 2024. Mahasiswa S1 BK FIP UNP melakukan observasi dan wawancara berkenaan dengan masalah masalah psikologis para pekerja di Industri dengan mendatangi langsung Industri di Hatyai,  

Industri yang dipilih adalah Food Machinery Co. Ltd., sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi mesin untuk pengolahan makanan/ industri makanan di dalam negeri dan luar negeri untuk memenuhi kepuasan pelanggan tertinggi dan pertumbuhan pesat teknologi modern. Dalam sambutan penerimaannya, langsung disambut oleh  Lietenat General, Udon Prahphasawat, Deputy Managing Director , berserta wakil dari perusahaan yang menyatakan bahwa mengucapkan terimakasih yang sebesarnya pada Universitas Negeri Padang sudah mau berkunjung di perusahaaan kami, Kegiatan ini menjadi hal yang sangat menyenangkan dengan kedatangan mahasiswa dari UNP, Kegiatan kunjungan industri ini tidak hanya memberikan wawasan teoretis tetapi juga pengalaman praktis yang sangat berharga bagi para mahasiswa dalam membantu mereka mempersiapkan diri untuk karier di bidang yang mereka minati. Dalam hal ini, Mahasiswa BK UNP  menanyakan permasalahan  permasalahan psikologis seperti apa yang dialami oleh karyawan tekait kondisi stress kerja, frustasi kerja, serta permasalahan konflik yang terjadi pada pada perusahanan dan bagaiamana perusahan menyikapi permasalahan yang terjadi 
 
Kegiatan ini menjadi langkah strategis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam menjajaki dunia Usia dan Industri kerja (DUDIKA),  generasi Alpha harus mampu beradaptasi dengan kondisi psikologis yang positif.  Hal ini juga menunjang Indonesia Emas pada tahun 2045,Ikut Hadir dalam membimbing mahasiswa dosen dosen BK Industri dan BK Karir yakni Dra. Zikra, M. Pd., Kons., Dr. Nurfarhanah, M. Pd., Kons., Dr. Rezki Hariko, M. Pd., Kons., Dr. Puji Gusri Handayani, M. Pd., Kons, Dr. Miftahul Fikri, M. Pd., Kons. dan Gusni Dian Suri, M. Pd.


 

Tim Pengelola

Redaktur
   : Dr. Hanif Al Kadri, S.Pd, M.Pd 
Editor
   : Singgih Ginanjar, M.Pd.
Penulis
   : Dr. Miftahul Fikri, M.Pd.

    Shere :